Pancasila Ideologi Bangsa Indonesia Tak Tergoyahkan

Pancasila adalah pedoman untuk mewujudkan negara demokrasi.
Doc. Andini Harsono

Jika kita bicara lebih dalam tentang Indonesia, Pancasila selalu menggetarkan dada. Pancasila tidak tercipta begitu saja, tidak datang begitu saja, Pancasila lahir berdasarkan keberagaman Indonesia. 

Bhinneka Tunggal Ika, tidak bhinneka bukan Indonesia. Meskipun jaman sudah berkembang pesat dengan kehadiran teknologi semakin canggih, jangan sampai rasa persatuan tergerus oleh kepentingan-kepentingan tertentu. Pancasila merupakan dasar Negara yang harusnya diteladani dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanaan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. 

Marsudi Sarwono, S.H, M.Psi (Han), Direktur Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan BPIP
Doc. Andini Harsono

BPIP menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi seluruh lapisan masyarakat seperti yang terlaksana tanggal 9-13 Desember 2019, pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila bagi pendongeng, youtuber, dan influencer yang bertempat di Bali. 

Pulau Dewata yang sangat terkenal di seluruh dunia menjadi salah satu ciri visualisasi keberagaman Indonesia. Perwakilan pendongeng, youtuber dan influencer seluruh Indonesia berkumpul di sini untuk menggelorakan kembali Pancasila di dada dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bapak Marsudi Sarwono mengajak para pengguna sosial media untuk menyebarkan pesan-pesan kebajikan dalam setiap konten. Nilai-nilai Pancasila harusnya menjadi teladan dalam menjalankan tugas sesuai profesinya masing-masing.

Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi, Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP
Doc. Andini Harsono

Ibu Baby Siti Salamah berharap para pendongeng, youtuber dan influencer dapat menjadi Duta Pancasila dengan menyampaikan nilai-nilai Pancasila pada kontennya. Generasi milenial harus digiring tetap berada dalam ideologi negara yaitu Pancasila. Tidak ada yang bisa menggantikan Pancasila.

BPIP menggelar pendidikan dan pelatihan ini diharapkan para peserta mampu memiliki pengetahuan yang baik dan benar tentang arti, isi/muatan, fungsi, kedudukan, sejarah, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila yang tertuang dalam Garis Besar Haluan Ideologi Pancasila (GBHIP). Memiliki sikap yang dapat menjadi teladan dan penggerak pengamalan Pancasila yang tercermin dalam sikap religius dan toleran, berbudaya, cinta tanah air, demokratis dan kepedulian sosial yang tinggi.

Prof. Dr. Hj. Siti Musdah Mulia, M.A
Doc. Andini Harsono

Prof. Dr. Hj. Siti Musdah Mulia mengingatkan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang mendukung kehidupan multikultural berkarakter Indonesia sesuai prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Ideologi yang kompatibel dengan nilai-nilai esensial agama.

Agama adalah keyakinan, Pancasila merupakan sebuah ideologi. Pancasila bertumpu pada nilai-nilai universal kemanusiaan salah satunya kebebasan. Bebas beragama, bebas berbicara, bebas berekspresi namun tidak boleh mengganggu kebebasan orang lain. 

Salam Pancasila
Doc. Andini Harsono

Semoga kegiatan pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila tidak berhenti sampai sini. Saya siap mengisi hari-hari saya dengan nilai-nilai Pancasila.

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com