Langsung ke konten utama

UDAX Memperkuat Teknologi Blockchain di Indonesia

UDAX Indonesia Launch
Doc : Robit MH


Apakah kalian pernah mendengar atau sudah tahu tentang Blockchain? Saya sih baru tahu detail kemarin ketika mengikuti Southeast Asia Blockchain Forum – UDAX Indonesia Launching Conference di The Westin, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Oktober 2018.

Blockchain merupakan basis data yang saling terhubung dan diamankan menggunakan sistem kriptografi. Sebagian besar dunia teknologi cryptocurrency seperti Bitcoin mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu melacak volume transaksi yang besar dan aman. Blockchain adalah teknologi yang digunakan oleh mata uang digital. 

Di Indonesia sistem Blockchain sudah digunakan. Hal ini dipaparkan oleh Dr. Komang Budi Aryasa, Kepala Riset dan Big Data PT Telkom pada acara tersebut. Tentunya masih perlu banyak research dari teknologi Blockchain yang telah digunakan di Indonesia. Maka dari itu, Dr. Komang menyambut hadirnya UDAX Indonesia.


Dr. Komang Budi Aryasa, Kepala Riset dan Big Data PT Telkom
Doc. Andini Harsono

Perkembangan dunia digital memasuki pasar ekonomi Indonesia merupakan salah satu alasan UDAX mendirikan UDAX Indonesia. UDAX (United Digital Assets Exchange) merupakan perusahaan penyedia platform pertukaran aset kripto dengan teknologi Blockchain yang berkantor pusat di China. UDAX telah memiliki jaringan cabang di Korea Selatan, Malaysia, Singapura dan Hong Kong.

Selain menggelar launching UDAX Indonesia, bursa asset digital UDAX Global menggelar Konferensi Aliansi Blockchain Asia Tenggara (SEABA). Hadir pula dalam konferensi tersebut Indodax dan perusahaan Blockchain terkemuka di Korea Selatan dan Asia Tenggara.
All Speakers at Southeast Asia Blockchain Forum
Doc. Andini Harsono

Bobby Lieu, CEO of UDAX Global melihat peluang baik untuk mendirikan UDAX Indonesia. 2 faktor utama yaitu Indonesia memiliki populasi penduduk besar dan berkembangnya ekonomi digital di Indonesia terlihat banyaknya perusahaan e-commers dan start-up.

Richard Ma
Doc. Andini Harsono

Richard Ma, perwakilan SEABA optimis kehadiran UDAX Indonesia mampu meningkatkan teknologi Blockchain di Indonesia lebih kompetitif serta memperluas jaringan Blockchain (koin dan token). Blockchain juga mampu menjadi solusi dari permasalahan digital. Ketika pertumbuhan ekonomi mulai bergantung pada digital maka Blockchain mampu menjadi pelindung dari sistem mata uang digital tersebut.

Denny Christ, COO of UDAX Global
Doc. Andini Harsono

Denny Christ, COO of UDAX Global menambahkan Blockchain mampu melakukan lebih dari itu. Blockchain menggunakan sistem desentralisasi yang dapat mendistrupsi pasar pengembangan aplikasi berbasis OS. Kalau saya bilang mungkin bisa disebut memiliki High Security System.

Konferensi ini juga membahas tentang Crypto Currency and Digital Economy Market Review and Development. Diskusi ini menghadirkan Stephanie Wong (Dorothy), Quan He (ARMY21), dan Roger Wang (EEC).

Selain itu, sharing session menghadirkan perwakilan dari Gold Max, Zhao Cheng Chai dan Shin Yong Gyun. Mereka mengemukakan bagaimana Blockchain bekerja pada industri.

UDAX Global
Doc. Andini Harsono

Dijelaskan pula oleh Dr. Komang bahwa potensi Blockchain tak hanya terhenti pada penyediaan aset kripto. Kecepatan perkembangan teknologi Blockchain diyakini bakal melahirkan beragam bisnis baru. Salah satunya, Blockchain as a service sebagai use case utama dari teknologi Blockchain.

Tentunya hal ini baik bagi perkembangan ekonomi kita yang sudah serba digital. Harapannya UDAX Indonesia mampu membantu infrastuktur digital yang berpengaruh pada perkembangan dan peningkatan ekonomi Indonesia.

UDAX Indonesia juga akan memberikan pelatihan-pelatihan mengenai Blockchain lebih mendalam bagi mereka yang memerlukan sistem Blockchain dalam menjalankan bisnisnya. UDAX yang mengutamakan keamanan data bagi user-nya telah melakukan beberapa uji coba salah satunya dengan membayar perentas untuk membobol data-data penting mereka. Hasilnya mereka kewalahan untuk menembus data-data. Melalui sistem Blockchain ini juga mampu melacak kebocoran data. Nah, saya rasa ini yang sangat penting bagi data perbankan dan e-commers.

Sudah saatnya Indonesia unjuk gigi atas kemajuan teknologinya. Indonesia telah lebih membuka diri dan siap bersaing di pasar global. 

Konferensi Aliensi Blockchain Asia Tenggara (SEABA) juga didukung oleh Bisnis Indonesia, Sino Vision, Coin Daily, Dunia Fintech dan Coinvestasi.

Alhamdulillah, saya dapat ilmu baru lagi tentang Blockchain :)

Kami, Perempuan-perempuan era digital :)
Doc. Andini Harsono

Komentar

  1. Semoga dengan kehadiran UDAX Indonesia mampu meningkatkan teknologi Blockchain CryptoCurrency di Indonesia bisa semakin maju dan menciptakan pasar teknologi yang lebih luas, amin

    BalasHapus
  2. Pembicaranya mantab-mantab ya, dari luar negeri. Eh ada satu dari Indonesia nding, Pak Komang Aryasa.

    BalasHapus
  3. Nambah banyak informasi dunia digital nih, apalagi pembicaranya banyak dari luar negri, jadi sedikit tau gimana perkembangan blockchain diluar sana yaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senja Bercerita Tentang

Senja kuakhiri dengan ucapan syukur karena ALLAH begitu banyak memberikan kenikmatan untukku.
Kulangkahkan kaki menyusuri jalanan basah setelah diguyur hujan, dan kusempat menghentikan langkah ketika melihat sebuah papan iklan berfotokan seorang laki-laki. Sepertinya aku mengenal laki-laki itu.
Sepersekian detik aku coba mengingatnya, dan ternyata itu kamu, teman baikku sejak 5 tahun lalu. Namun, kami putus komunikasi setelah aku memilih laki-laki lain menjadi kekasihku kala itu.
Terasa janggal memang, seketika dia berubah sikapnya saat aku berpacaran dengan Adi. Apa salahnya? Hingga detik ini pun aku tidak tahu alasan Reno menjauhiku bahkan terlihat membenciku. 5 tahun berlalu, sekarang dia sudah menjadi seorang aktor layar lebar.
Sesampainya di kamar, aku segera mengisi daya ponselku. Aku segerakan pula membersihkan badanku yang tersiram panas dan hujan. Selesai semua ritualku, aku mulai merebahkan tubuh pada kekasihku, ya tempat tidur kesayanganku. Perlahan kulepaskan semua letih dan …

Cegah Obesitas Dengan Pola Hidup Sehat

"Setengah dari porsi makanmu harus komposisi buah dan sayur." kata dr. Lily Sulistyowati, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI yang selalu terngiang dalam telinga saya. Sejak itulah saya selalu berusaha menjalankannya setiap hari. Minimal konsumsi buah dan sayur menjadi menu wajib makan siang saya. Meskipun masih jauh dari ideal, namun saya berusaha mengubah pola hidup saya diawali dengan mengubah makanan yang saya makan.
Saya terlahir dari keluarga "besar" artinya gemuk-gemuk. Keluarga saya juga kompakan mengidap diabetes dan darah tinggi. Maka dari itu saya beresiko terkena penyakit tersebut. Salah satu penyebabnya karena berat badan yang berlebih akibat makan yang mungkin tidak terkontrol. Ditambah jarang berolahraga atau memang bawaan. Entahlah, yang jelas saya ingin mengubah pola hidup saya menjadi lebih sehat karena saya ingin menikmati hidup hingga 1000 tahun lamanya (maap lebay dikit hehe)
World Obesity Day p…

Membuka Jalan Rezeki Dengan Syukur

Belajarlah untuk percaya kepada-Ku. Rencana-Ku padamu lebih baik daripada rencanamu sendiri. Yakinlah bahwa Aku selalu baik. Yakinlah segala usahamu pasti sukses. Belajarlah untuk selalu bersyukur atas apa pun yang terjadi, Karena semua akan indah pada waktunya. (Aplikasi Pencari Rezeki – hal. 153)
Yap, saya sepakat dengan quote di atas yang saya kutip dari buku berjudul Aplikasi Pencari Rezeki karya Wusda Hetsa dan Achi TM yang baru selesai saya baca. Ketika seseorang yakin terhadap Allah SWT, maka semua urusan di dunia ini akan terasa ringan. Cobaan demi cobaan akan dilalui dengan suka cita karena Allah menjanjikan akan ada 2 kemudahan dibalik 1 kesulitan, dan saya sudah sering membuktikan hal itu.
Namun, kadar keyakinan (keimanan dalam Islam) bisa naik turun. Saya pun mengalaminya. Sebagai manusia biasa, tentunya saya pernah merasa apa yang diberikan Allah tidak sesuai dengan keinginan saya. Sedangkan saya lupa bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk umat-Nya, termasuk saya.
Buku…