Remaja Dengan Disabilitas Punya Hak Politik Yang Sama Dalam Pemilu 2024



Kurang dari 100 hari lagi Bangsa Indonesia akan memberikan hak suara politik untuk memilih para pemimpin Negara melalui Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilangsungkan secara serentak pada 14 Februari 2024 mendatang. Semua warga Negara Indonesia memiliki hak yang sama tak terkecuali penyandang disabilitas. 


Hak politik penyandang disabilitas telah dijamin dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas dimana pada Pasal 13 menjelaskan bahwa Negara memberikan hak dan kesempatan yang sama untuk dapat ikut berpartisipasi politik dalam pemilu. Pada Pasal 75 ayat 1 menyebutkan bahwa Pemerintah dan Pemerintahan wajib menjamin agar penyandang disabilitas dapat berpartisipasi secara efektif dan bermakna dalam kehidupan politik. Dengan demikian, penyandang disabilitas mempunyai peran penting dalam memberikan hak politik yang sama untuk menyuarakan pilihannya dalam pemilu. 


Pesta demokrasi menjadi pengalaman sendiri bagi para remaja yang baru pertama kali menggunakan hak politiknya termasuk para remaja penyandang disabilitas. Berbagai sosialisasi dilakukan pemerintah melalui Bawaslu agar remaja penyandang disabilitas dapat menyampaikan haknya pada saat pemilu nanti.


Dalam rangka berpartisipasi dalam persiapan Pemilu 2024, Ruang Publik KBR bekerja sama dengan NLR Indonesia menyelenggarakan talkshow “Partisipasi Remaja dengan Disabilitas dalam Pemilu 2024.” pada 28 November 2023 lalu.


Hadir secara virtual Noviati S.IP dari PPRBM (Pusat Pengembangan dan Pelatihan Rehabilitasi Bersumber Daya Masyarakat) sekaligus Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Remaja dengan disabilitas yaitu Kenichi Satria Kaffah.






PPRBM Bersinergi Dengan NLR Indonesia Melalui Program PADI


PPRBM Solo merupakan sebuah lembaga bergerak dalam isu pemberdayaan dan advokasi bagi penyandang disabilitas yang berdiri tahun 1978. PPRBM Solo melakukan pendampingan terhadap kelompok-kelompok yang masih termarjinalkan seperti penyandang disabilitas dan OYMPK. Kegiatan PPRBM masih fokus di wilayah Jawa Tengah. Sejak tahun 2010, PPRBM sudah memberikan kesempatan bekerja dengan menjadi bagian tim PPRBM baik di bagian sekretariat, tim program maupun lapangan.


PPRBM mulai bersinergi dengan NLR Indonesia tahun 2012 ketika PPRBM melakukan kegiatan pendampingan untuk difabel dan OYPMK melalui pemenuhan kehidupan secara inklusif melalui program RBM di Kabupaten Tegal, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Brebes. Mulai tahun 2018 hingga saat ini, NLR Indonesia bukan hanya difabel dan OYPMK namun juga memasukan isu terkait anak dengan disabilitas dan kusta melalui program PADI atau Prioritaskan Anak Disabilitas Indonesia dimana program ini untuk mendorong pemenuhan hak anak disabilitas dan kusta yang ada di daerah serta belum masuk dalam program-program pemerintah.  


“Program PADI untuk mendorong pemenuhan hak anak disabilitas dan kusta yang ada di daerah dan yang belum menjadi prioritas dalam program-program kepemerintahan itu sendiri. Melalui program PADI, PPRBM Solo itu membentuk 3 forum Buah Hati yang beranggotakan para orang tua dengan anak disabilitas. Forum ini menjadi wadah pembelajaran, komunikasi, koordinasi antar anggota juga menjadi media pendampingan bagi anak-anak disabilitas baik yang sudah tergabung dalam forum maupun belum.” Jelas Noviati.


Program-programnya meliputi kesehatan, pendidikan, sosial, budaya dan seni. Ada juga pelatihan public speaking, peningkatan potensi minat bakat di bidang olahraga dan seni serta capacity building bagi para orang tua.


Partisipasi Remaja Dengan Disabilitas Dalam Pemilu 2024


Kenichi Satria Kaffah menjadi salah satu remaja dengan disabilitas netra membagi cerita betapa semangatnya mengikuti pemilu 2024 menjadi pemilu pertamanya.


“Seru sih, basicly ini seru banget buat saya pengalaman pertama dan menjadi partisipasi yang semoga menjadi partisipasi bermakna ya buat disabilitas karena masih banyak teman-teman juga yang belum pernah ngarasin nyoblos bahkan belum pernah tahu politik itu bagaimana sih, presiden itu ngapain aja, kenapa kita harus memilih. Apa fungsinya? Pasti banyak yang belum tahu itu. Ini menjadi pengalaman pertama.” Jelasnya.


Ken berharap remaja dengan disabilitas harus punya partisipasi bermakna yang terlibat langsung dÃ¥lam proses-proses pemilihan umum nanti. Untuk mempersiapkan diri menuju pemilu 2024, Ken aktif mengikuti sosialisasi bersama KPU, Bawaslu yang kemudian dibagikan pengalaman tersebut kepada rekan-rekannya serta memberi pemahaman tentang betapa penting berpartisipasi menggunakan hak suara dalam pemilu 2024 mendatang. 


Hak suara yang diberikan dapat berpengaruh menjadi bagian penting untuk pembangunan Indonesia menuju 2045. Oleh karena itu Ken mengajak seluruh rekan-rekan remaja dengan disabilitas menggunakan haknya dalam berpolitik yaitu dengan memberi suara pada pemilihan umum.


Panwaslu Fasilitasi Remaja Disabilitas Dalam Pemilu 2024


Sementara itu, selain berperan memberikan sosialisasi tentang pemilu 2024, Panwaslu bertugas meningkatkan partisipasi masyarakat secara keseluruhan dengan mempersiapkan fasilitas yang baik.


Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 22 Tahin 2022 tentang penyusunan daftar pemilih dan sistem informasi data pemilih sudah memberikan ruang yang seluas-luasnya terhadap disabilitas mulai dari hak untuk didaftar sebagai pemilih, hak memberikan suara secara rahasia, hak atas TPS yang accesible, untuk mencalonkan dan dicalonkan sebagai anggota legislatif termasuk jika ada disabilitas yang berkeinginan untuk mendaftar sebagai Presiden dan Wakil Presiden.


Panwaslu sudah seharusnya memfasilitasi penyelenggaraan pemungutan suara bagi penyandang disabiltas, Panwaslu memastikan agar lokasi TPS harus accesible yaitu tidak berundak, tidak ada loran armpit, dan bilik suara harus lebar disesuaikan dengan kursi roda. 


Tentunya sosialisasi tentang partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 ini harus diiringi oleh kesadaran masyarakat tentang peran pentingnya untuk menentukan siapa pemimpin yang akan memimpin Indonesia selanjutnya. Harapannya, seluruh Warga Negara Indonesia memperoleh hak politik yang sama untuk mewujudkan Indonesia menjadi Negara maju dan lebih baik lagi. Semoga pesta demokrasi rakyat Indonesia berjalan dengan lancar dan siapapun nanti pemenangnya merupakan kemenangan untuk rakyat Indonesia.


Selengkapnya mengenai talkshow Ruang Publik KBR ini dapat disimak melalui channel YouTube Berita KBR.




Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com