Leveling Up Beyond Finance Komitmen KoinWorks Pada ESG


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Jumlahnya yang mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha dengan kontribusi terhadap PDB juga mencapai 60,5% dan penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Oleh karena itu, Presiden RI telah memberikan arahan untuk melakukan pengembangan UMKM naik kelas dan modernisasi koperasi dalam upaya membangun ekonomi kerakyatan.

 

Inovasi, teknologi, literasi digital, literasi keuangan, legalitas, pembiayaan, branding dan pemasaran merupakan beberapa hal yang menjadi bekal UMKM untuk menghadapi tantangan serta mendorong agar dapat terus bertumbuh memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

 

Danang Sri Wibowo selaku Plt. Asisten Deputi Bidang Koperasi dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang hadir dalam acara peluncuran Impact Report KoinWorks mengatakan bahwa UMKM merupakan pilar penting terhadap perekonomian Indonesia. Untuk mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan, inovasi bagi UMKM tentu diperlukan, dan upaya kolaboratif yang inklusif harus dilaksanakan dengan kerangka bisnis yang tervalidasi.

 

Memiliki pandangan yang sama, KoinWorks menjawab kebutuhan UMKM dan membantu mengatasi tantangannya dengan mengutamakan inklusi dan dampak sosial. Merupakan neobank untuk UMKM pertama di Indonesia dengan 2,2 juta pengguna, KoinWorks menyediakan solusi pengembangan bisnis untuk UMKM yang baru memulai perjalanan bisnisnya.

 

KoinWorks Luncurkan Impact Report Edisi Pertama: Leveling Up Beyond Finance

 

KoinWorks menunjukkan komitmen untuk menjadi the most impacful fintech di Asia Tenggara dengan meluncurkan Impact Report edisi pertama berjudul “Leveling Up Beyond Finance”. Impact Report edisi pertama ini memuat rekam jejaknya dalam praktik bisnis berkelanjutan dan roadmap perusahaan untuk komitmen pada Environmental, Social, and Govermance (ESG) atau aspek lingkungan, sosial, dan tata Kelola perusahaan.

 

Leveling Up Beyond Finance tentang perwujudan komitmen KoinWorks untuk tidak hanya memberikan keuntungan finansial yang sehat, tetapi juga berdedikasi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.



Benedicto Haryono, CEO dan Co-Founder KoinWorks menjelaskan bahwa Impact Report merupakan langkah penting dalam memberikan dampak sosial yang ingin KoinWorks tuju. KoinWorks berharap partner, stakeholders, dan pengguna dapat memiliki akses ke strategi yang layak dan praktik bisnis terbaik yang telah diterapkan sesuai dengan ekosistem digital yang inklusif yang telah dibangun.

 

KoinWorks memastikan bahwa tolok ukur dampaknya jelas, relevan, terukur, dan menerapkan kebijakan ketat untuk keamanan data dengan adanya Impact Report ini. Angelique Timmer, Senior VP Impact & ESG KoinWorks menambahkan dengan mengadopsi standar internasional pada kerangka ESG untuk startup, KoinWorks akan semakin mahir dalam inovasi-inovasi yang berfokus pada ESG dan menarik investasi dalam upaya bentuk dukungan untuk memperbaiki lingkungan dan masyarakat Indonesia serta mempertahankan pertumbuhan bisnis.



Teknologi Dapat Mendukung Akses Keuangan

 

Turut hadir dalam acara peluncuran Impact Report edisi pertama, Avina Sugiarto, Partner East Ventures yang merupakan salah satu investor awal KoinWorks, percaya bahwa Impact Report menunjukkan kontribusi yang signifikan KoinWorks dalam menciptakan dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

 

KoinWorks menunjukkan bagaimana teknologi dapat mendukung akses keuangan, khususnya dalam mengatasi tantangan UMKM seperti keterbatasan akses permodalan. KoinWorks juga berkolaborasi dengan mitra untuk menciptakan solusi yang lebih komprehensif guna melayani segmen underserved.

 

Wifkain sebuah manufacturing as a service platform menjadi salah satu partner KoinWorks untuk fashion brand dan pabrik melalui penyediaan supply chain financing. Humprey, Chief of Strategic Office Wifkain mengatakan melalui supply chain financing ini, mitra dan klien dapat mengelola arus kas mereka dengan lebih baik terutama terkait dengan pengadaan tekstil, manufaktur dan logistik.



Selain menyediakan akses keuangan dan solusi bisnis kepada masyarakat, KoinWorks juga membantu meningkatkan literasi keuangan UMKM dengan mengadakan lebih dari 400 acara mengenai literasi keuangan selama tiga tahun terakhir ini dengan lebih dari 103 ribu peserta. Selain itu, KoinWorks membantu meningkatkan penciptaan lapangan kerja seiring dengan pertumbuhan bisnis UMKM yang menjadi mitra KoinWorks sebanyak 116 ribu lapangan pekerjaan baru.

 

Pada tahun 2025, KoinWorks menargetkan lebih dari 2 juta UMKM bergabung dalam ekosistem digital yang inklusif dan memiliki setidaknya 40% gender diversity di dalam perusahaan. Komitmen yang dimiliki KoinWorks memperkuat tujuannya untuk mencapai karbon netral, dan mendorong UMKM untuk meraih Golden Certificate Cerise, panduan berstandar internasional untuk perlindungan konsumen.

 

Hadir juga di tengah kami beberapa mitra yang sudah merasakan dampak positif mengikuti program KoinWorks. Dian yang kini telah memiliki 24 outlet ayam geprek dengan sekitar 50 orang karyawan, Andrew yang memiliki bisnis start up merasa terbantu dengan program pendampingan dari KoinWorks, dan Roro yang merupakan salah satu pemenang KoinWorks Neo Inspire 2022 merasakan kemajuan terhadap usahanya di bidang alat olahraga dan kesehatan.


Cuaca hujan deras kala itu menjadi hangat dengan semangat optimisme bahwa perekonomian Indonesia akan terus berkembang dengan hadirnya teknologi sebagai salah satu solusi dari tantangannya. Setiap usaha pasti ada jalan. Setiap kerja keras pasti ada hasil. Semoga UMKM di Indonesia semakin bertumbuh dan memberikan kesempatan masyarakat untuk bekerja dan berkarya seluas-luasnya.


--

Referensi :

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah#:~:text=Peran%20UMKM%20sangat%20besar%20untuk,total%20penyerapan%20tenaga%20kerja%20nasional.

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com