Siapkan Dirimu Wujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri

 


“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.” – Nelson Mandela

Belajar dan menuntut ilmu menjadi bagian penting yang sebaiknya dilakukan setiap individu. Di zaman yang semua serba canggih ini, ilmu semakin berkembang dan membawa kemudahan bagi kita untuk belajar dari mana saja, kapan saja dan dari berbagai sumber. Selain itu, kita bisa menentukan bidang apa yang paling disukai untuk menentukan karir di masa depan. Tidak jarang kita mengalami hambatan ketika menyelesaikan jurusan di bangku perguruan tinggi. Karena ternyata kurang sesuai dengan apa yang diinginkan dan kemampuan yang sebenarnya dimiliki. Oleh karena itu, rasanya memang perlu persiapan lebih baik agar bisa melanjutkan pendidikan dengan jurusan yang sesuai, bukan hanya yang diinginkan namun juga sesuai dengan kemampuan.

Melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya merupakan cita-cita kebanyakan orang. Pendidikan merupakan dasar pembentukan karakter seseorang dan menjadi kunci kemajuan bangsa dengan generasi yang lebih berkualitas. Tidak sedikit yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Namun, untuk mencapainya perlu dipersiapkan lebih baik dan matang seperti biaya, kesiapan akademis, pembekalan bahasa asing, pemilihan jurusan dan universitas yang tepat serta pengetahuan tentang bagaimana cara kuliah dan tinggal di negara tersebut.

Saya beruntung bisa menghadiri Open House USG Education Pondok Indah tentang bagaimana membedah karir dan jurusan untuk persiapan awal dari Jakarta untuk kuliah S1 di luar negeri. Open House ini memberikan workshop dan seminar bagi para siswa SMP dan SMA serta orang tua yang ingin mempersiapkan putra/putrinya melanjutkan kuliah ke luar negeri. Saya pribadi mendapatkan banyak insight dari seminar ini. Selain memang sebetulnya saya punya cita-cita untuk bisa kuliah di luar negeri, saya mendapatkan pengetahuan tentang karir yang menjanjikan di masa yang akan datang.


 Agar Tidak Salah Pilih Jurusan

“Tentukan dulu karirnya mau apa baru nanti jurusan yang diambil.” Begitu kurang lebih ucap Mr. Albert Egmont, CEO of Life Talk Asia yang membantu para siswa memilih jurusan yang sesuai dengan beberapa metodenya. Memilih jurusan tidak mudah perlu perencanaan dan persiapan.

Orang tua dan anak harus mengetahui 6 hal sebagai berikut :

  1.  Potential/strength
  2. Personality/comfort
  3. Passion/excitement
  4. Purpose to value/growth
  5. Problem/opportunity
  6. Profit/strategy

Apa potensi yang dimiliki, bagaimana personality-nya, apa minatnya, memiliki nilai seperti apa, apa kendalanya, dan bagaimana menentukan strateginya agar berhasil.


Sir Albert juga memberikan penjelasan secara singkat bagaimana mengenal kemampuan diri sendiri serta minat. Hal ini akan menentukan karir apa yang diinginkan dan jurusan yang akan dijalani.

Dalam seminar ini, Sir Albert memberi pengetahuan tentang karir apa saja yang muncul sejak pandemi dan akan menjadi peluang yang baik untuk masa depan. Salah satunya blogger.

Berkarir di bidang sosial media memang sedang diminati sekarang ini. Mengingat tingginya pengguna sosial media untuk mencari segala macam informasi, maka pegiat sosial media pun bermunculan dengan kreatifitasnya masing-masing. Agar sosial media tetap menjadi ruang positif, maka saya rasa perlu diimbangi dengan ilmu yang sesuai. Informasi yang diberikan melalui konten-kontennya dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat.

Blogger, Social Media Management dan Digital Creative menjadi peluang karir yang menjanjikan di masa depan. Tidak ada salahnya untuk mengambil jurusan ilmu yang sesuai dengannya.


Kuliah ke Luar Negeri Bukan Hanya Sekedar Impian

USG Education telah berdiri selama lebih dari 27 tahun yang menyediakan solusi bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Saat ini USG Education memiliki 4 program yang terintergrasi dalam penyelenggaraan program pendidikan internasional, yaitu :

Uniprep Junior College (UJC)

UJC merupakan program kualifikasi sekolah menengah atas Indonesia yang setara dengan kurikulum internasional, BTEC level 2 diploma atau International GCSE dan International A Levels. Menjalankan program International General of Secondary Education (International GCSE) dari Pearson Edexcel (Inggris) dan BTEC level 2 program. Setelahnya para siswa dapat melanjutkan ke UIC College atau Uniprep sebelum melanjutkan jenjang sarjana di universitas luar negeri.

UNIPREP

Program Foundation Year berasal dari UNSW yang memberikan pembelajaran selama 8 bulan untuk kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana di UNSW. Keberhasilannya cukup besar sejak tahun 1994 dengan kualifikasi yang sudah diakui internasional.

USG International College (UIC College)

Menariknya dari program ini adalah memakai konsep real world learning and industry-based curriculum dimana para siswa diajak langsung mengenal industri di bidangnya masing-masing, baik secara praktisi maupun mengerjakan tugas sesuai kebutuhan industri. Siswa UIC belajar kurang lebih 2 tahun di Indonesia kemudian melanjutkan jenjang sarjana Universitas di Inggris atau negara lainnya. Melalui program Pathway dan Fast Track Program di UIC College siswa dapat menghemat biaya pendidikan kuliah di luar negeri hingga 70%.

UNISTART

Merupakan program Placement Services bagi para siswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Mulai dari informasi mengenai Universitas di sana (Australia, UK atau USA), pengurusan visa, persiapan keberangkatan dan persiapan lainnya. Unistart telah membantu lebih dari 1.300 siswa sejak tahun 1994 untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri.




USG Education telah berhasil meluluskan lebih dari 3.500 siswa dan siswi hingga kini yang tersebar di dalam maupun luar negeri. Mereka berperan aktif di berbagai sektor seperti pendidikan, keuangan, energi, digital dan kreatif. 

Mewujudkan mimpi siswa melanjutkan kuliah ke luar negeri merupakan komitmen USG Education melalui kerjasama kuat dengan berbagai universitas global. Harapannya, orang tua dan siswa yang ingin melanjutkan kuliah S1 di luar negeri tidak perlu khawatir lagi dan bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya melalui program-program USG International. 

Kegiatan Open House kemarin juga menghadirkan program pelatihan yaitu IELTS Workshop and Prediction Test yang dipandu oleh Wiku Respati, Senior Teacher dari The British Institute (TBI), Communications Skills for Studying Abroad oleh Teuku Daffa, Certified Public Speaker dari BNSP RI, Career Prospects in Digital Marketing oleh Lingga Wastu, Senior Brand Manager Alikasi Super serta Music Productions for Advertising oleh Belanegara Abe, Founder of Passion Vibe Record Label and Audio Post. 

Bukan hanya itu, orang tua dan siswa yang hadir juga dapat mengenal lebih dekat dengan para universitas terkemuka di dunia seperti UNSW Sydney, UWE Bristol, Deakin University, dan UTS College - UTS Sydney. 

Kontak informasi :
www.usg.education
USG Education
Jalan Terogong Raya Nomor 32, Cilandak Barat, Jakarta Selatan
021.22701888

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com