Blogger, Antara Hobi dan Peluang Profesi

 



“The first step in blogging is not writing them but reading them.” – Jeff Jarvis

 

Saya selalu ingat kata Kang Maman bahwa baca, baca, baca maka kamu akan mulai menulis. Semakin banyak membaca maka akan memotivasi untuk menuliskan sesuatu. Kalau sudah hobi membaca maka tak jarang menjadi hobi menulis juga. Seperti halnya dengan menulis blog yang bisa saja lahir dari hobi membaca.

 

Awalnya memang saya menulis blog sebagai media untuk menyalurkan hobi menulis yang sedari masa sekolah sudah mencoba ditekuni dengan rajin mengisi mading sekolah dan mengirim karya di berbagai surat kabar baik lokal (kota Yogyakarta) maupun nasional. Sampai akhirnya saya terpilih mewakili sekolah menjadi salah satu peserta “Bengkel Sastra” yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Yogyakarta dan keluar sebagai 10 besar karya terbaik.

 

Berangkat dari pengalaman tersebut, saya termotivasi untuk terus mengembangkan hobi menulis. Apalagi ketika dunia blogging mulai terbuka luas menarik saya untuk mengikuti perkembangannya. Ternyata, dari hobi menulis di blog bisa mendatangkan rezeki baik secara materi maupun immateri. Oleh karenanya kenapa tidak saya belajar lebih banyak tentang blogging?

 

Menjadi Blogger Yang Kredibel Membuka Banyak Peluang 

Seiring berkembangnya dunia digital, secara otomatis berpengaruh pada perkembangan dunia blog yang semakin terbuka dan bersaing. Sebagai seorang blogger saya merasa perlu untuk terus meningkatkan kemampuan agar tidak ketinggalan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi blogger yang kredibel. Salah satunya mengembangkan Skill Set yang telah dimiliki.

 

Apa itu Skill Set? Menurut youngontop (YOT), Skill Set adalah kumpulan kemampuan dan keahlian seseorang dimana setiap orang memiliki Skill Set yang berbeda tergantung pada ketertarikan, passion, karakter, dan kemampuan teknis. Skill Set dapat terus dikembangkan agar performa kerjanya pun meningkat.

 

Seorang blogger sebaiknya meningkatkan Skill Set agar peluang berkarir sebagai blogger semakin luas. Seperti yang dijelaskan oleh Anwari Natari pada acara BloggerDay 2023 secara online yang saya ikuti beberapa pekan lalu bahwa diperlukan pengetahuan, kemampuan dan attitude dalam menulis. “Penulisan kreatif harus ditopang dengan sikap kreatif.” ujarnya.

 

Skill Set haruslah dimiliki oleh profesi apapun. Mas Anwari memberikan contoh pengalamannya ketika ditawari posisi editor di kantornya. Beliau merasa untuk menjadikan tulisannya lebih baik maka diperlukan wawancara di lapangan. Agar wawancara itu berhasil maka diperlukan pengetahuan untuk melakukan wawancara, keterampilan dalam wawancara atau teknik wawancara dan sikap ketika wawancara. Seperti halnya sebagai penulis. 5W1H, melakukan riset dan memperkaya diksi adalah sebagian dari Skill Set seorang blogger.

 

Mas Anwar juga mengingatkan untuk tidak memaksakan diri. Belajarlah pelan-pelan.

 

Skill Set Up, memperluas jejaring, dan yang tidak kalah penting adalah menjaga attitude bermedia sosial agar mampu bertahan di tengah ketatnya gempuran industri digital yang bergerak begitu cepat.


Berkomunitas Membantu Meningkatkan Kemampuan Sebagai Blogger

Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sebagai blogger yaitu bergabung dengan komunitas. Selain menambah pengetahuan, dapat meningkatkan kemampuan sebagai blogger, dengan berkomunitas kita dapat membuka silaturahmi dan menambah teman-teman baru.

 

Bloggercrony adalah komunitas Blogger Indonesia, multiplatform berdiri 24 Februari 2015 yang berbasis di Jakarta. Lahir dengan merespons dinamika dan perkembangan blogging dan pertumbuhan blogger serta untuk memberikan alternatif kepada blogger yang membutuhkan komunitas untuk mewadahi dan memfasilitasi mengembangkan kualitas dirinya (capacity building), networking, dan berkegiatan khusus untuk blogger agar dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif, bermanfaat, dan inspiratif bahkan membuatnya berdaya secara moral maupun material (empowering).

 

Komunitas Bloggercrony Indonesia memiliki berbagai program yang dapat diikuti oleh BCC Squad (sebutan untuk membernya) antara lain :

 

BloggerHangout : kopdar santai berbobot yang bertujuan untuk meningkatkan, mengembangkan kemampuan menulis dan sharing tentang dunia blogger.

 

BloggerView : Bloggercrony bekerjasama dengan brand. Member yang terlibat berdasarkan kriteria yang dibutuhkan dan akan membuat ulasan terkait acara yang diikuti pada blog atau media sosialnya.

 

BloggerCare : program yang dilakukan Bloggercrony untuk membantu mereka yang terdampak bencana. Menggalang donasi dari para member, mengumpulkannya dan menyalurkan langsung kepada para korban. Kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas antar member.



Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

 

Untuk merayakan hari ulang tahunnya, Bloggercrony mengadakan BloggerDay yang dilaksanakan setiap tahun mulai 2017 secara offline. Masih lekat dalam ingatan saya bagaimana serunya ketika mengikuti BloggerDay tahun 2017 di Bogor. Mulai dari naik angkot ramai-ramai menuju lokasi acara, beragam workshop blogging dan menginap satu malam di sana serta ada aktivitas fisik dikeesokan harinya. Kebetulan saya membantu panitia melaksanakan acaranya. Saya tahu bagaimana jerih payah untuk memberikan yang terbaik bagi para anggotanya. Waktu itu teman sekamar saya Mba Risalah Husna (saya memanggilnya dengan sebutan Ibu Uci heuheu). Kami banyak bertukar cerita pengalaman blogging.

 

Lalu BloggerDay berikutnya yang saya ikuti adalah di Hotel Ashley Wahid Hasyim Jakarta. Sama juga serunya. Bagi saya yang paling bikin pengen ikutan BloggerDay adalah silaturahmi dengan teman-teman blogger. Mengingat sudah punya kesibukan masing-masing dan dipisahkan oleh jarak, BloggerDay menjadi ajang yang tepat untuk saling sapa.




 


Masa pandemi BloggerDay dilaksanakan secara online, dan baru kembali dilaksanakan secara offline tahun ini, BloggerDay 2023 sebagai HUT Bloggercrony ke-8 yang dilaksanakan secara hybrid.

 

Pada 24 Februari 2023 dilaksanakan BloggerDay secara online yang merupakan Kick Off Event, live dari Rumah Sehat Internet bersama 100 peserta terpilih, saya salah satunya (nyengir kuda). Sedangkan BloggerDay 2023 dilaksanakan secara online tanggal 4-5 Maret 2023 di Puncak Halimun Camp, Bogor. Fun Camp ini dihadiri oleh BCC Squad, pengurus BCC dan tamu spesial yang merupakan puncak ulang tahun Bloggercrony yang ke-8. Sayangnya saya tidak bisa gabung offline BloggerDay 2023 karena bentrok dengan pekerjaan hiks. Saya hanya bisa menikmati keseruannya dari postingan teman-teman blogger yang ikut dan sosial media Bloggercrony.

 

Fun Camp diisi dengan upgrade skill dan literasi oleh mentor, sharing session dengan sesama blogger, lucky draw, dan fun lomba. Ada sesi ngopi manja dan healing bersama di alam terbuka tanpa internet. Senangnya. Saya lihat postingannya masak-masak bareng, minum kopi sambil ngobrol, dan upgrade skill bareng Mas Anwari.

 

BloggerDay sebagai media untuk belajar, meningkatkan kemampuan dan ajang silaturahmi. Semoga BloggerDay 2024 saya bisa bergabung secara offline. Yeay.

 

Jaga Etika Sebagai Blogger

Sesuai dengan tema BloggerDay 2023 yaitu Skill Set Up, saya kembali berkaca diri apakah saya sudah menjadi blogger yang baik? Meskipun berawal dari hobi menulis di blog, bagi saya menjadi blogger punya tanggungjawab yang harus dijunjung tinggi. Untuk menjadi seorang blogger dan menjadikannya profesi bukanlah hal yang sulit namun juga bukan hal yang mudah. Seorang blogger harus memiliki bermacam strategi, trik dan diperlukan konsistensi serta ketekunan agar menjadi blogger sukses yang kredibel.

 

Blogger memiliki kesempatan untuk beropini dan membagikannya melalui tulisan blog dan juga media sosial lainnya. Ketika kita beropini maka harus memiliki etika yang perlu dijaga. Etika blogger merupakan pedoman dan panutan supaya menghasilkan karya yang tidak merugikan orang lain. Kalau boleh saya sederhanakan yaitu jaga baik-baik jari jemari tanganmu sebelum menulis blog atau bermedia sosial.

 

Etika blogger yang sebaiknya terus dijaga diantaranya, menjaga orisinalitas tulisan, menanggapi komentar dengan baik terutama saat melakukan blogwalking, tidak menjelekan blogger lain dan menjaga konten dari unsur SARA dan pornografi.

 

Menuliskan segala sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang tidak ada ruginya. Malah akan mendatangkan banyak kebaikan. Nah, inilah etika yang sebaiknya dipegang kuat oleh blogger. Dunia blogging sangat menyenangkan dan ternyata blogger bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk Skill Set Up demi masa depan Blogger Indonesia lebih baik.

 

Sekali lagi, selamat ulang tahun untuk Komunitas Bloggercrony Indonesia, semoga tetap menjadi “rumah” bagi kami para blogger untuk mengembangkan diri, dan memperluas jejaring. Terima kasih atas dukungan, semangat, perhatian serta edukasi tentang literasi digital informasi selama ini. Mari bersama bergandengan tangan meramaikan dunia blogging dan media sosial dengan konten-konten positif yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.


Follow akun media sosial Bloggercrony Community di Instagram https://www.instagram.com/bloggercrony dan Twitter https://www.twitter.com/bloggercrony




--

Referensi :

1. Quote about blogging - https://www.writerswrite.co.za/the-12-best-quotes-on-blogging/

2. Skill Set - https://www.youngontop.com/skill-set-apa-sih-dan-gimana-mengembangkannya/#:~:text=Skill%20set%20adalah%20kumpulan%20kemampuan,dikembangkan%20untuk%20meningkatkan%20performa%20kerja.

3. Bloggercrony Community - https://bloggercrony.com/

4. BloggerDay 2023 - https://bloggercrony.com/fun-camp-dan-healing-bloggerday-2023-bloggercrony/

https://bloggercrony.com/kick-off-bloggerday-2023/

5. Etika Blogger - https://www.maxmanroe.com/mau-jadi-blogger-yang-sukses-selalu-jalankan-4-etika-blogger-berikut-ini.html

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com