Kolaborasi JNE dan UMKM Cilegon Tingkatkan Perekonomian Pasca Pandemi

 



Alhamdulillah perlahan tapi pasti masa pandemi sudah mereda. Segala macam aktivitas juga sudah kembali menuju normal, seperti sudah diberlakukannya system Work From Office (WFO) secara penuh. Namun dengan demikian bukan berarti kita abai terhadap kesehatan dan kebersihan yaa. Tetap jaga protokol kesehatan, menjaga kebersihan dan kesehatan diri agar terhindar dari semua virus, kuman dan penyakit menyerang.

 

Perlahan tapi pasti juga perekonomian mulai bergerak normal dan kemudahan teknologi semakin memudahkan proses transaksi di pasaran. Jutaan UMKM di Indonesia telah bertransformasi menuju ekonomi digital semasa pandemi dan kini saatnya kembali bangkit setelah melewati krisis.

 

UMKM Cilegon melihat sosial media merupakan peluang untuk memaksimalkan pemasaran. Oleh karena itu, UMKM Cilegon membuka ruang kolaborasi antar UMKM dan berbagai sektor pendukung salah satunya perusahaan pengiriman barang. Sementara sebagai perusahaan yang kehadirannya sangat penting dalam perjalanan bisnis UMKM maka JNE menyambut baik kolaborasi ini dengan diselenggarakannya JNE Ngajak Online 2022, Goll..Aborasi Bisnis Online.

 

Hadir sebagai pembicara owner IKM Permata (Sendal Hotel Cilegon), Farah Kartika Sari yang memberikan semangatnya dalam menjalankan usaha semasa pandemi. Menurutnya, dengan adanya sosial media, e-commerce dan kerjasama dengan jasa pengiriman seperti JNE, UMKM dapat tetap survive dan kembali stabil setelah krisis pandemi. Adanya pandemi membuat usahanya melambat tapi semua itu tidak membuatnya mundur. Farah sadar sebagai seseorang yang menjalankan usaha di industri perhotelan, kepercayaan customer adalah yang utama. Pihaknya juga bersedia menerima complain dan menjadikannya bahan evaluasi untuk lebih baik lagi. Dengan hadirnya sosial media juga membantu memudahkan untuk menjaga komunikasi dengan customer.



Pembicara lainnya, Linda Yuli Yani yang merupakan owner ELYECRAFT sepakat dengan Farah Kartika bahwa penggunaan sosial media dengan tepat maka akan membantu dalam menjalankan usahanya. Pandemi yang memberikan dampak ekonomi pada hampir semua bisnis mikro dan makro, memberikan tantangan untuk lebih kreatif agar bisa bertahan. Yuli mencontohkan omzetnya menurun drastis namun idenya muncul ketika pandemi semua orang diwajibkan menggunakan masker maka dirinya membuat tali penghubung masker bagi yang mengenakan hijab. Dijual di market place dan pemasarannya di sosial media, orderannya meningkat.

 

Sebagai UMKM yang telah menggunakan sosial media sebagai ruang pemasaran serta komunikasi terhadap customer, Yuli membagikan tips agar jangan malas untuk membuat konten. UMKM harus memiliki ciri khas dan karya yang original. Selain itu, jangan melihat competitor sebagai lawan tapi sebagai inspirasi dan motivasi. Agar sama-sama berkembang tidak ada salahnya untuk berkolaborasi.

 

Saya pribadi sepakat dengan Farah dan Yuli memang mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman yang saat ini semua dilakukan secara digital. Hampir semua kebutuhan sehari-hari dapat dipenuhi hanya dengan menekan-nekan layar gadget. Prosesnya cepat hanya hitungan menit saja. Maka UMKM harus beradaptasi dengan kebiasaan baru yang serba cepat, mudah dan praktis.

 

Pandemi memang memberikan banyak dampak untuk hampir semua orang di dunia ini. Namun dengan kehadiran internet bisa menjadi penghibur sekaligus membuka peluang-peluang baru untuk mendapat pekerjaan baru, berkarya dan berjualan. Selain itu juga sebagai hiburan hehe. Belanja online sudah cukup menghibur bagi saya, setuju kah?

 

Melihat antusias UMKM Cilegon untuk terus berkembang JNE Cilegon telah menghadirkan beberapa program. Sesuai dengan tagline-nya Conneting Happiness, JNE membuka kesempatan kolaborasi terhadap UMKM Cilegon.

 

JNE Cilegon juga melalukan program CSR seperti pembangunan rumah, wakaf Al-Quran, bantuan saat adanya bencana dan Yayasan asrama. Salut banget tetap memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. JNE juga terus berupaya memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat dengan keamanan, kecepatan dan ketepatan pengiriman barang. Saya juga selalu fokus pada proses pengiriman barang jangan sampai rusak, salah barang atau salah pengiriman alamat.




JNE Goll..Aborasi Bisnis Online sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan JNE untuk terus mendukung pengembangan usaha para UMKM dengan workshop digital marketing, trading house, dan berinovasi dengan kolaborasi dengan para seller. Kota Cilegon merupakan kota ke-9 dari webinar JNE Ngajak Online 2022 ini. Ada total 60 kota di seluruh Indonesia yang akan menjadi tempat diselenggarakannya JNE Goll..Aborasi ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat terus menjaga semangat para pelaku UMKM menjalankan usahanya dan kembali stabil.

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com