Edukasi Gizi Asyik Dengan Story Telling Online



Libur Lebaran telah usai, semoga semangat liburannya masih terasa untuk menambah giat bekerja yaa. Kini saatnya kembali ke aktivitas dan juga kembali memperhatikan konsumsi pangan yang mungkin kemarin semasa liburan sudah tidak terkontrol hehe. Kesehatan tubuh dipengaruhi oleh kualitas pangan yang dikonsumsi sehari-hari. Gizi seimbang, aktivitas fisik, olahraga, istirahat cukup dan hindari rokok merupakan cara yang dianjurkan pemerintah dan juga tenaga kesehatan agar tubuh tetap sehat, fit dan bugar. 


Perkembangan internet dan sosial media semakin hari semakin beragam konten yang disajikan. Oleh karena itu, dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi gizi banyak orang. Salah satunya melalui story telling atau dongeng.


Belum lama ini, YAICI berkolaborasi dengan Kampung Dongeng Indonesia menggelar Lomba Video Story Telling Online bertemakan “Kami Sadar Gizi, Siap Bersaing di Era Globalisasi” dan mendapat antusias luar biasa dari kalangan pendongeng dan juga masyarakat umum seluruh Indonesia. Tercatat lebih dari 200 video terkumpul di meja juri dan akhirnya terpilihlah 20 pemenang dari 2 kategori yaitu video YouTube dan video Instagram. Dewan jurinya adalah Kak Awan (Kampung Dongeng Indonesia), Mas Arief Hidayat (Ketua Harian YAICI) dan Kang Maman. 


Sebagai salah satu juri dalam lomba ini Kang Maman memberikan apresiasi kepada para peserta dan finalis yang telah memberikan karya terbaik dari sisi kesesuaian, pemahaman tema, penampilan dan kreativitas. Mengapresiasi juga kepada penyelenggara yang mampu melihat bahwasanya ada medium dan kearifan budaya yang harus dilestarikan untuk penyampaian pesan secara efektif. 


Kang Maman juga berharap kegiatan ini terus berlanjut dan para peserta, finalis lomba bisa dilibatkan untuk menjadi duta-duta informasi tentang gizi, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan juga menyebarkan informasi penting untuk tumbuh kembang anak dan juga pesan bahwa kental manis bukan susu.




Hari Sabtu, 14 Mei 2022 lalu telah diumumkan para pemenangnya yang mendapatkan uang tunai. 9 pemenang kategori YouTube dan kategori Instagram berhak mendapatkan uang tunai masing-masing Rp. 500.000,- (ada sebanyak 18 pemenang untuk 2 kategori tersebut). Kemudian untuk pemenang utamanya mendapatkan masing-masing Rp. 2.000.000,- terdapat 1 pemenang kategori YouTube dan 1 pemenang kategori Instagram. Teman-teman bisa melihat nama-namanya di Official Instagram YAICI.







Story Telling Online Menjadi Media Edukasi Gizi Yang Asyik

 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kekuatan internet dalam hal ini sosial media sangat berpengaruh di hampir setiap lini kehidupan masa sekarang, termasuk untuk memperkaya literasi. Hal ini bisa menjadi peluang mengedukasi gizi kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas gizi di lingkungan keluarga. Jika setiap keluarga di Indonesia telah sadar gizi dan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang maka berbagai permasalahan kesehatan di negeri ini dapat jauh berkurang. Mengingat prevalensi stunting nasional masih di 24,4% (berdasarkan catatan SSGI, 2021) dan pemerintah menargetkan angka prevalensi stunting harus turun setidaknya 3% pada tahun 2022 ini.


Salah satu caranya adalah dengan memberikan gizi yang baik kepada buah hati sejak dalam kandungan. Kemudian setelah lahir berikan ASI eksklusif karena susu ibu adalah susu terbaik diantara yang baik. Setelah selesai ASI lanjutkan dengan susu yang memang untuk susu anak. Anak minum susu anak bukan diberikan selain susu anak seperti kental manis yang masih saja ditemui diberikan kepada anak-anak sebagai minuman susu. Selain itu, anak-anak harus mendapatkan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.



Paling seru memang kalau ngobrolin soal makanan nih. Pasti para ibu sering sekali sharing soal pola makan si buah hati yang beragam. Nah, kalau para ibu juga senang buat video story telling, bisa jadi hal itu menjadi konten menarik untuk dibagikan. Saling bercerita tentang gizi, saling memberikan informasi tentang gizi akan semakin memacu semangat para orang tua untuk memberikan asupan yang baik serta bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anaknya.


Story Telling Online atau dongeng bisa dijadikan media edukasi gizi asyik yang bisa diakses oleh semua pihak untuk bersama memperbaiki gizi dan meningkatkan kualitas kesehatan di negeri kita yang tercinta ini agar generasi penerus semakin siap bersaing di era globalisasi.

 

Selamat untuk para pemenang Lomba Story Telling Online “Kami Sadar Gizi, Siap Bersaing di Era Globalisasi” semoga tetap semangat berbagi cerita tentang gizi :)

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com