Selamat Menjalankan Ibadah di Bulan Suci Ramadan



Alhamdulillah kita sudah sampai lagi di bulan ramadan tahun ini. Gak berasa yah, seperti mimpi, cepet banget sudah puasa lagi. Teman-teman merasakan hal yang sama gak sih dengan saya? Kayak cepet banget gitu tiba-tiba sudah puasa lagi aja, kayaknya lebaran baru kemarin hehe. Nah, gimana nih persiapannya kali ini? 

Alhamdulillah juga pandemi sudah memasuki era endemi yang ditandai dengan banyaknya perubahan peraturan. Meskipun demikian, sebaiknya kita tetap menjaga protokol kesehatan sebagai ikhtiar menjaga diri dari terpaparnya segala macam virus ya. Kalau nanti mudik beneran sudah diperbolehkan, hati-hati yaa di jalan dan selamat merayakan Hari Raya bersama keluarga.

Biasanya apa sih yang dipersiapkan untuk menyambut bulan suci agar nanti ibadahnya lancar tanpa kendala? Kalau saya yang pasti tetap jaga kesehatan, terutama soal perut nih. Menghindari makanan pedas, dan asam salah satu caranya agar lambung saya aman selama berpuasa nanti. Selain itu, tetap jaga hidrasi tubuh dengan cukup minum air mineral dan tetap olahraga ringan biar tetap bugar. 

Lalu untuk persiapan batin, mulai dengan minta maaf dan memaafkan diri sendiri juga orang-orang terdekat. Keluarga, saudara, sahabat, kolega dan siapapun yang ada dalam hidup kita. Kadang lupa dengan diri sendiri, terlalu sibuk dengan orang lain, diri sendiri terabai. Minta maaf dan memaafkan diri sendiri perlu juga untuk membuat hati lebih lapang. InsyaAllah.

Oya membersihkan rumah lalu kalau pada tradisi Jawa ada istilahnya "Padusan" yaitu membersihkan diri sebelum berpuasa satu bulan penuh. Selain itu ada ziarah kubur ke ahli keluarga yang telah berpulang. Ziarah ini mengingatkan kita bahwa akan datang giliran kita berpulang jadi menyemangati diri untuk lebih banyak berbuat baik dan beribadah tulus ikhlas hanya karena Allah SWT. 

Tapi yang paling saya rindukan dari bulan ramadan adalah beribadah bersama keluarga. Mulai dari sholat tarawih, buka puasa dan sahur bersama. Saat ini menjadi momen langka ketika kesibukan menjadi sebuah alasan. Alhamdulillah sekarang sudah bisa keluar rumah dan melakukan perjalanan jadi teman-teman yang kemarin belum pulang kampung saatnya pulang kampung berkumpul bersama keluarga.

Apapun tradisi untuk menyambut dan menjalankan ibadah di bulan ramadan hingga merayakan hari yang fitri nanti akan mendekatkan kita kepada Allah SWT dan menjadi pengingat dalam diri untuk senantiasa berada di jalan kebaikan.

Selamat menjalankan ibadah di bulan suci ramadan. Semoga Allah SWT memberi kelancaran, kesehatan dan kekuatan dalam menjalani kehidupan kita. Aamiin. Salam untuk keluarga yaa :)


Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com