Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Sebagai Bentuk Dukungan JNE Terhadap UKM



Tanpa terasa kita sudah memasuki bulan ramadan lagi ya. Waktu terasa cepat sekali, bagaimana persiapan teman-teman menjalankan ibadah ramadan nih? Alhamdulillah juga kita sudah memasuki era endemi dimana sudah terlihat dari perubahan peraturan yang ditetapkan pemerintah seperti syarat perjalanan darat, laut, dan udara sudah tidak lagi memerlukan bukti tes swab antigen atau PCR cukup sudah melakukan vaksin minimal 2 kali. Ada rasa bahagia tapi juga khawatir. Tapi yang penting kita sebaiknya tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yaa dan juga jaga kesehatan tentunya.


Memasuki bulan suci tahun ini saya dan beberapa teman yang tergabung dalam satu usaha rumahan bareng berinisiatif membuat item penjualan baru yaitu hantaran Hari Raya Idul Fitri atau hampers. Memanfaatkan peluang dan kesempatan menjadi salah satu cara untuk mempertahankan usaha sendiri. Tujuan kami bisa menjadi bagian dari UKM atau UMKM dan maju bersama mengembangkan ekonomi bangsa dan Negara. Aamiin yaa hehe.

 

Memang sejak pandemi, harus jeli melihat peluang yang ada untuk tetap bertahan hidup. Apalagi bagi yang terdampak ekonomi seperti saya, sebagai seorang freelancer makin tidak pasti pendapatan setiap bulannya, jadi putar otak dan melirik peluang usaha baru. Berbekal dari sana saya akhirnya memutuskan bergabung untuk usaha bareng teman-teman yang telah lebih dulu menjalankan usaha ini. Nah, ada beberapa faktor pendukung untuk menjalankan usaha ini salah satunya jasa pengiriman barang dalam dan luar kota.

 

Kami memilih jasa ekspedisi yang bisa mendukung kebutuhan dengan cepat, efisien dan terpercaya. JNE menjadi pilihan kami. Kebetulan outletnya juga dekat dari lokasi usaha semakin memudahkan kami mengirim barang.

JNE Hadirkan Goll..Aborasi Bisnis Online 2022

Untuk mendukung para UKM, JNE menghadirkan perhelatan virtual bertajuk Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 yang akan mengumpulkan UKM lokal di 59 kota di Indonesia. Tahun 2021 JNE juga menggelar Goll..Aborasi Bisnis Online yang diselenggarakan di 60 kota. Kegiatan ini menjadi bukti nyata kontribusi JNE untuk bersama-sama tumbuh dengan UKM dalam menjalankan usahanya menuju perkembangan bisnis 5.0 dan bertransformasi dengan cepat.




Marsudi, Head Regional Jateng dan DIY menyampaikan harapannya agar JNE dapat memberikan terobosan yang bukan hanya melayani pengiriman namun juga bisa memberikan solusi bagi para pengusaha. JNE Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 diawali dari kota Cilacap sebagai kota pertamanya kemudian dilanjutkan kota Sukabumi. 


Hadir juga dari pelaku UKM, Sugeng Paijo, Direktur Teman Kreasi Cilacap dan Owner Jajanan Mamake yang telah mengawali usahanya sejak 2016. Menurutnya, sebagai UKM harus mengikuti perkembangan jaman yaitu semua serba digital. Beliau memanfaatkan sosial media sebagai salah satu media promosi stik sukun buatannya dengan metode soft-selling. Selain itu, Sugeng berinovasi untuk memproduksi kemasan yang berbeda dari lainnya dengan full print. Memang benar sih, saya pernah belajar pentingnya kemasan yang unik, dan punya ciri khas untuk menarik para pelanggan. Meskipun dalam bisnis makanan dan minuman yang utama adalah rasa tapi kemasan juga memiliki pengaruh penting untuk menarik para calon konsumen. Saya pribadi kalau kemasannya lucu-lucu suka saya simpan hehe.

 

Selain kiat-kiat bisnis dari bidang F&B, hadir juga dari bidang kriya yaitu Arif Hermawan, owner Workshop Ableh 47 Custom. Keprihatinannya dari dampak pandemi mendorongnya untuk membangun ekosistem UKM Kriya di Cilacap. Hal ini akan memicu para pekerja untuk berkreasi dan berani berhadapan dengan konsumen. Strategi pendekatan ke konsumen amatlah penting. Bermacam karakter konsumen akan dihadapi setiap harinya, untuk itu diperlukan strategi yang tepat agar bisa tetap menjaga komunikasi terbuka dengan para konsumen.

 

Kedua wakil UKM ini aktif mengirim barang untuk kepentingan bisnisnya. Keduanya sering menggunakan fasilitas JNE Trucking (JTR) karena dengan minimal pengiriman 10kg, biayanya bisa ditekan hingga setengah dan ada layanan pick up juga jadi waktunya lebih efisien. Mereka memilih jasa ekspedisi yang memudahkan aktivitas bisnis dan terpercaya. Memang hal pengiriman ini harus benar-benar diperhatikan oleh pelaku usaha (bisnis) agar tidak mengecewakan para pelanggannya.

 

Ada kabar gembira lagi dari Kepala Cabang JNE Cilacap, Bagus Indra Zulfikar bahwa JNE memiliki program khusus e-fulfillment yang bisa menampung barang apabila teman-teman UKM tidak memiliki gudang maka akan disediakan tempatnya. Saya pun menghadapi masalah yang sama, tidak ada tempat untuk menyimpan barang sebelum kirim. Jadi dengan adanya program tersebut saya rasa sangat membantu teman-teman UKM yang masih memiliki tempat penyimpanan terbatas.

 

Dukungan lainnya, JNE akan secara aktif melakukan pelatihan digital marketing dan membuat konten yang menarik untuk promosi sosial media. Wah, pasti sangat bermanfaat ini sejalan dengan era digitalisasi. UKM memang harus terus berinovasi agar bisa bersaing di pasaran. Harapannya bukan hanya nasional tapi global. Dengan adanya kegiatan seminar atau pelatihan tentang digital marketing dan juga konten-konten sosial media sangat berarti untuk mendukung aktivitas usahanya mengingat UKM memberikan kontribusi paling signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Kalau usahanya berjalan lancar maka bisa menjadi lapangan kerja baru bagi masyarakat.





Saya dan teman-teman tunggu JNE Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 di Jakarta, pengen ikutan biar tambah semangat menjalankan usaha dengan memaksimalkan peluang pemasaran melalui digital marketing dan menjadi bagian dari usaha yang terus berinovasi.

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com