Bagaimana Cara Aman Mengatur Dana THR?

 



Halo-halo temans, bagaimana puasanya? Masih semangat kan? Gak berasa banget sudah semakin mendekati Hari Kemenangan, Idul Fitri hiks itu tandanya bulan ramadhan segera berlalu dan mari sama-sama berdoa semoga kita dipertemukan lagi dengan ramadhan selanjutnya, aamiin..

 

Kalau membahas soal Idul Fitri selain berkumpul bersama keluarga, ada hal yang paling ditunggu-tunggu. Apa itu? THR jawabannya hehe betul gak? Dulu jaman saya kecil, setelah sholat Idul Fitri, lalu sungkeman kepada orang tua semua maka gak lama lalu diberikan THR dalam amplop gitu atau diberi hadiah hari raya seperti baju, tas atau buku sekolah. Nah, sejak kerja, pemberian THR berupa sejumlah uang yang besarnya tergantung masa kerja. Biasanya nih ketika THR turun langsung tergoda untuk ini untuk itu sehingga tiba-tiba habis begitu saja.

 

Saya pribadi sudah beberapa tahun terakhir ini memang gak dapat THR dari perusahaan karena saya seorang freelancer hehe. Tapi ketika invoice cair pada saat menjelang Idul Fitri saya anggap itu adalah THR. Maka jika itu terjadi saya langsung putar otak bagaimana agar gak berlalu gitu aja. Berikut ini saya rangkum beberapa langkah atau cara aman mengatur THR agar gak cuma numpang lewat *nyengir kuda

 

THR untuk Zakat

Salah satu kewajiban umat muslim adalah berzakat. Apalagi di bulan suci ramadhan zakat dan sedekah menjadi ibadah yang baik. Pada harta yang kita miliki ada milik orang lain yang harus kita bagi. Dengan berbagi maka kebahagiaan akan tak ternilai lagi harganya.

 

Alokasikan setidaknya 10% dari THR yang diterima untuk zakat dan sedekah. Berbagi ke sesama adalah perbuatan yang menyenangkan serta mendapat pahala kan?

 

THR untuk Membayar Hutang

Kalau kita punya hutang atau cicilan, alokasikan dana THR untuk menyelesaikannya, atau membayar double jumlah cicilan supaya cepat selesai. Masukan daftar membayar hutang setelah zakat dan sedekah agar benar-benar bisa terpenuhi. Segera membayar hutang itu meringankan beban dan langkah kita, betul gak?

 

THR untuk Memenuhi Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri

Gak kalah penting kita siapkan dana THR untuk memenuhi kebutuhan rumah selama ramadhan dan juga hari Raya. Harga-harga cenderung naik maka gak ada salahnya sisihkan THR sekitar 30-40% untuk memenuhinya. Di dalamnya juga bisa sudah termasuk bagi-bagi THR untuk keponakan atau memberikan hadiah untuk orang tua (sanak keluarga lainnya) hehe.



THR untuk Investasi/Tabungan

Nah poin ini yang penting tapi susah dilakukan. Beranggapan dana THR adalah bonus jadi gak kepikiran untuk disimpan atau dimasukan dalam investasi yang sudah kita miliki. Jika belum punya instrument investasi, ya sudah simpan saja ke dalam rekaning khusus tabungan atau dijadikan dana darurat yang sewaktu-waktu ketika perlu kita sudah gak bingung lagi mencari kemana-mana. Sisihkan sekitar 20% atau bisa lebih dari dana THR yang kita punya. Hal ini membantu kita untuk mengerem belanja yang gak perlu.

 

Jadi sebenarnya dana THR bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya bahkan bisa buat nambah-nambah tabungan atau investasi ya, asalkan kita mau untuk melakukannya. Bisa juga dana THR kita alokasikan untuk liburan bersama keluarga demi mempererat hubungan sesama anggota keluarga. Tapi catatannya dananya harus siap dan gak mengganggu pos-pos dana yang lain ya.

 

Semangat mengatur dana THR temans, semoga menjadi berkah untuk kita semua dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, mari kita sambut hari yang fitri dengan jiwa yang baru :)

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com