Mengenal Bisnis Direct Selling, Robot Trading dan Penerapan Hukumnya


Pandemi memberi banyak dampak salah satunya di sektor ekonomi. Sebagian masyarakat kita kehilangan pekerjaan akibat pengurangan karyawan di tempat kerjanya bahkan beberapa pengusaha harus gulung tikar. Tapi dibalik semua itu masih ada kesempatan untuk terus melanjutkan hidup dengan mencari peluang baru di tengah kemajuan teknologi yang bergerak cepat.


Bisnis penjualan langsung (direct selling) atau yang lebih dikenal dengan multi level marketing (MLM) bisa menjadi salah satu solusi untuk membuka peluang baru. Selain itu, investasi trading juga sedang marak di Indonesia menjadi pilihan sebagian masyarakat untuk berinvestasi. Namun, tetap harus berhati-hati dan bijak investasi trading seperti apa yang kita pilih sama halnya perusahan direct selling seperti apa yang kita pilih untuk bergabung.

APLI Indonesia kembali menggelar APLI Convention dengan APLI Talkshow menjadi salah satu rangkaian acaranya. Bertempat di NU Skin Studio di City Plaza lantai 10, Kuningan Barat, Jakarta ini, acara talkshow bertema "Penerapan Hukum atas Maraknya Investasi Trading di Indonesia" dilaksanakan secara live streaming di channel YouTube APLI Indonesia. Namun, saya dan beberapa teman blogger lain mendapat kesempatan hadir secara langsung mengikuti talkshow sekaligus silaturahmi dengan pengurus APLI Indonesia.



Kenali Investasimu Jangan Sampai Salah Memilih

Ketika hendak berinvestasi apalagi trading atau saham atau kripto yang sedang ramai diminati sebagian masyarakat Indonesia jaman now ini harusnya cermat. Semua dilakukan secara online maka harus benar-benar dipelajari.

Tongam L Tobing, Ketua Satgas Waspada Investasi mengingatkan kita semua untuk bijak berinvestasi. Pihaknya juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menekan tindak kejahatan yang disebabkan oleh investasi bodong atau ilegal.

Tongam menjelaskan beberapa ciri-ciri investasi ilegal diantaranya sebagai berikut :

- Menjanjikan keuntungan tidak wajar dalam kurun waktu singkat
- Menjanjikan bonus dari perekrutan anggota baru "member get member"
- Memanfaatkan tokoh masyarakat/tokoh agama/public figure untuk menarik investasi
- Klaim free risk
- Legalitas tidak jelas : tidak memiliki izin usaha, memiliki izin kelembagaan seperti PT atau CV namun tidak memiliki izin usaha
- Memiliki izin lembaga dan izin usaha namun melakukan kegiatan tidak sesuai dengan izinnya.

Kenapa sih mudah banget melakukan itu?

Pelaku dapat dengan mudah membuat website, aplikasi dan penawaran melalui sosial media. Kemudian didukung banyaknya server di luar negeri. Selain itu, masyarakat kita tipe yang mudah tergiur dengan imbalan tinggi dan terkesan cepat untuk mendapatkannya serta belum paham tentang apa itu investasi.



Saat ini banyak juga yang menawarkan bisnis direct selling namun ternyata berujung investasi ilegal. Perusahaan-perusahaan direct selling dan trading bisa dicek legalitasnya melalui Kemendag, BAPPEBTI dan beberapa lembaga terkait juga APLI yang menjadi wadah perusahaan direct selling di Indonesia.

Mengenal Robot Trading Dalam Perdagangan Berjangka Komoditi

Bagi yang ingin dan sedang menjalankan investasi trading perdagangan berjangka komoditi mungki telah mengenal Robot Trading yang merupakan software komputer yang bekerja secara otomatis untuk memonitori pergerakan pasar, menempatkan transaksi melakukan manajemen risiko menurut alogaritma yang telah ditanamkan. Robot trading tidak bekerja sendiri tetapi digerakkan oleh user. Hal ini sering disalahgunakan untuk tindak kejahatan investasi.




BAPPEBTI mengajak masyarakat untuk teliti dengan beragam penawaran investasi trading. Tentunya ada kelemahan dari robot trading. Masyakat juga bisa mencari informasi lengkap tentang robot trading, investasi trading dan kelegalan perusahaannya melalui BAPPEBTI.

Hukum Bagi Pelaku Tindak Kejahatan Investasi

Tentunya setiap perbuatan ada konsekuensi yang akan diterimanya tak terkecuali tindak kejahatan sekecil apapun. Negara kita merupakan negara hukum yang harus ditegakkan. Bareskrim POLRI menjelaskan bahwa pihaknya selalu siap melayani masyarakat untuk melakukan tindak hukum kepada para pelaku kejahatan termasuk investasi yang merugikan.



Namun, Bareskrim tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari masyarakat yang turut menjaga diri dan menegakkan hukum bagi tindak kejahatan dengan cara segera melaporkan kepada petugas. Dasar hukumnya sudah jelas bagi para pelaku. Tugas kita cermat dan bijak dalam melakukan usaha untuk mencegah terjadinya penipuan berkedok investasi.



APLI Talkshow akan berlangsung 3 hari hingga tanggal 17 November 2021 yang akan menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli pada bidangnya. Tema-temanya pun sangat bermanfaat bagi kita semua terutama yang tertarik dan sedang menjalankan bisnis direct selling dan investasi trading. Selain talkshow, APLI juga menggelar Expo dimana semua perusahaan penjualan langsung yang bergabung dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas. APLI juga memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan direct selling yang terpilih melalui APLI Awards sebagai bentuk apresiasi dan dukungan dalam industri direct selling.

APLI Talkshow bisa disaksikan lengkap pada channel YouTube APLI Indonesia ya.



Komentar