Halal Produk dan Sertifikasi Syariah Dalam Industri Penjualan Langsung


Seberapa seringkah teman-teman memperhatikan label pada kemasan makanan atau minuman? Membacanya dengan detail seperti logo halal dari MUI, informasi gizi, ingredients dan tanggal kadaluwarsa? Kalau saya pribadi sudah mulai terbiasa dengan hal ini. Setiap membeli makanan atau minuman kemasan yang belum pernah dikonsumsi sebelumnya selalu dicek dengan teliti. Tapi kalau sudah pernah, saya hanya mengecek tanggal kadaluwarsanya. Apalagi ketika melakukan perjalanan keluar negeri dimana masih jarang menemukan makanan atau minuman halal, dari sanalah saya membiasakan diri untuk membaca label makanan dan minuman kemasan secara detail. 


Halal produk dan sertifikasi syariah menjadi perhatian khusus bagi para pelaku industri penjualan langsung mengingat adanya dorong masyarakat sebagai konsumen untuk menjamin produk yang dipasarkan itu halal dan sesuai prinsip syariah pada sistem usahanya. APLI yang merupakan wadah perusahaan penjualan langsung di Indonesia terus bergandengan dengan MUI melakukan edukasi, dorongan, dan membantu mengawasi produk-produk dari para anggotanya apakah sudah lolos uji sertifikasi halal dan juga syariah. 



DR. Moch. Bukhari Muslim, LC. MA, Ketua Bidang Industri Bisnis dan Ekonomi Bisnis Syariah DSN - MUI menjelaskan bahwa pemerintah terus berupaya mendorong sektor-sektor industri halal untuk dapat dikembangkan dan menjadi trend centre dunia. Industri penjualan langsung atau MLM termasuk di dalamnya mengingat produk-produk yang dijual merupakan produk yang umum dikonsumsi masyarakat luas. 


Menurut Bapak Bukhari, produk halal itu bukan saja makanan dan minuman tapi juga transaksi penjualannya sesuai dengan unsur sertifikasi halal. Apakah dalam sistem perusahaan sudah sesuai dengan kehalalan tersebut seperti tidak ada lagi pasif income atau hal-hal yang merugikan para karyawan dan konsumennya. 


Pemerintah ingin mencapai Halal Dunia dengan menerapkan ekonomi syariah. Marketplannya sudah disiapkan yang difokuskan pada 4 langkah utama untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi syariah yaitu : 


Penguatan halal value chain

Penguatan sektor keuangan syariah

Penguatan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)

Penguatan di bidang ekonomi digital 


Untuk itulah APLI selalu berjalan beriringan dengan Dewan Syariah Nasional MUI untuk mendukung program pemerintah tersebut. Perusahaan penjualan langsung memiliki kontribusi besar dalam perdagangan di dalam negeri sehingga menjadi salah satu prioritas untuk mendapatkan sertifikasi syariah.



Kemudian Ibu Andam Dewi, Wakil Ketua APLI menjelaskan mengenai Peraturan Pemerintah Sistem Penjualan Langsung No. 29 Tahun 2021 dimana menjelaskan tentang bagaimana sistem penjualan langsung itu bekerja. 


Sistem penjualan langsung adalah sistem penjualan barang tertentu melalui jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh penjual langsung yang bekerja atas dasar komisi dan bonus berdasarkan hasil penjualan kepada konsumen di luar lokasi eceran. Ibu Andam mengingatkan agar selalu membeli produk penjualan langsung kepada member resminya karena produk penjualan langsung tidak dijual di market place manapun. 


Selain itu, untuk menjamin mutu dan kualitasnya, jangan lupa untuk memperhatikan kemasan dan labelnya. Kalau produk rusak, konsumen bisa mengajukan claim kepada member. 


Produk-produk yang dipasarkan oleh penjualan langsung diantaranya suplemen kesehatan, obat tradisional, kosmetik, dan pangan yang sudah terdaftar di BPOM. Kuncinya perhatikan kemasan, baca label, cek nomor izin edarnya dan tanggal kadaluwarsanya. 



Sebagai konsumen kita harus cerdas sebelum membeli produk apapun untuk dikonsumsi atau digunakan. Kesehatan diri adalah tanggungjawab kita sendiri untuk dijaga. Jangan hanya karena iming-iming sesuatu atau tergiur dengan iklan, kita lupa untuk memeriksa kualitas dan mutu produk tersebut. Bisnis penjualan langsung memberi peluang untuk masyarakat agar ekonomi keluarga terus berputar. Pilihlah produk penjualan langsung yang sesuai dan pastikan itu aman, legal dan memiliki mutu yang baik. Teman-teman bisa cek di website APLI untuk mengetahui daftar perusahaan penjualan langsung yang sudah terjamin keamanannya. 


APLI Talkshow hari kedua ini selengkapnya bisa disimak di channel YouTube APLI Indonesia yaa




Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com