Hobi Menulis Blog Membuka Banyak Peluang



Selamat hari Blogger Nasional 2021 teman-teman blogger dimanapun kalian berada. Semoga tetap semangat berkarya dan menebarkan kebaikan melalui tulisan-tulisan di blog. Mari kita ramaikan dunia digital dengan karya-karya positif membangun bangsa *senyum manis *mengepalkan kedua tangan :)

 

Ngomong-ngomong soal dunia blogging, ada gak sih pengalaman menarik teman-teman yang susah banget dilupain? Suka duka menjadi seorang blogger apa sih?

 

Saya sendiri mulai menulis di blog sejak tahun 2008. Mulai dari bergabung di sebuah platform blogging, buat akun di platform blog gratisan hingga akhirnya sudah bisa punya domain blog sendiri. Perjalanan yang cukup panjang dan gak akan terlupakan. Banyak sekali suka dan manfaatnya dengan menulis blog. Bahkan dari nge-blog saya bisa traveling mengunjungi berbagai tempat.

 

Menulis merupakan hobi yang menyenangkan. Saya hobi nulis sudah sejak SD. Hobi bikin karangan saat pelajaran Bahasa Indonesia. Lama kelamaan mulai diminta untuk mengisi mading sekolah. Bahkan pernah ikutan lomba mading dapat juara antar sekolah waktu kelas 2 SMP di Yogyakarta.

 

Semakin sering menulis membuat saya bahagia, ternyata menulis merupakan salah satu cara self-healing. Saya punya buku diary yang melatih saya untuk menulis menggunakan hati. Apa yang saya lihat, dengar dan rasakan, semua tertuang dalam buku diary. Sejak itu, saya selalu berusaha menulis dari hati karena saya yakin akan sampai ke hati yang lain (si pembaca). Kalau sekarang nulisnya sudah dalam bentuk digital dan bisa mengundang ramai pembaca.

 

Perkembangan teknologi atau dunia digital begitu pesat sejak 10 tahun terakhir ini. Hadirnya berbagai macam platform sosial media memberikan banyak dampak di antaranya bisa memperluas jaringan pertemanan hingga membuka peluang usaha baru, pekerjaan dan pengembangan potensi diri. Begitu juga dengan blogging. Artikel yang kita tulis di blog bisa kita sebarkan melalui akun sosial media pribadi kita sehingga bertambah luas jangkauannya.

 

Syukur alhamdulillah pandemi Covid-19 terjadi di tahun 2020 meskipun memberikan banyak dampak di berbagai lini kehidupan, selalu ada hikmah dan syukur di balik semua itu. Bayangkan jika Covid-19 terjadi tahun 2000-an saat belum ada internet yang sepesat sekarang. Telepon genggam pun masih gede banget seperti batu bata. Kemudian kita harus stay at home, work from home, sekolah dari rumah. Kadang saya berpikir demikian, bahwa semua telah diatur sedemikian rupa. Perkembangan internet yang begitu cepat memberikan banyak peluang dan mengubah kebiasaan hidup seseorang. Meskipun pandemi belum berakhir, namun dengan adanya internet kita tetap bisa melakukan banyak hal, bekerja, dan belajar dimanapun kita berada.

 




Pekerjaan sebagai freelancer di dunia entertainment termasuk salah satu pekerjaan yang terdampak pandemi. Namun, saya gak berputus asa sebab saya tetap bisa berbuat sesuatu melalui blogging. Saya tetap bisa belajar hal-hal baru dengan mengikuti beragam webinar dengan beragam tema dan membuka koneksi baru dengan bergabung di berbagai komunitas. Semua itu membutuhkan koneksi internet yang stabil dan lancar karena dilakukan serba online.

 

Untuk menunjang kegiatan selama di rumah aja sejak awal pandemi hingga sekarang, saya memilih Advan CPE Router Start dengan kecepatan up to 300 Mbps koneksi nirkabel 4 antena tercepat dan stabil di kelasnya. Memiliki baterai berkapasitas 2000 mAh yang mendukung waktu kerja saya selama 4 jam dan stand-by selama 16 jam.




Advan CPE Router Start ini juga bisa digunakan beramai-ramai hingga 32 user, jadi aman untuk digunakan 1 rumah, ya kerja ya sekolah online. Jangkauan sinyalnya yang luas, kuat dan stabil hingga mencapai radius 125 meter dengan didukung 3 SSID dan WPS Encryption menjadikan penggunaan lebih nyaman. Serunya lagi, Advan CPE Router Start ini bisa menggunakan WLAN semua operator dan kartu 4G LTE semua operator. Kemudian dilengkapi dengan WPS (Wi-Fi Protected Setup) untuk menghindari adanya orang nebeng Wi-Fi kita tanpa izin.

 

Masalah harga jangan khawatir, ada harga bundling dengan Telkomsel Orbit Rp. 699.000,- dan bisa dibeli di berbagai e-commerce yang ada, bisa juga di Advan Official Store juga. Solusi untuk tetap bisa berkegiatan secara digital terjawab sudah.

 

Jadi meskipun masih terbatas ruang gerak seperti sebelum pandemi, dengan koneksi internet yang stabil dapat menghubungkan koneksi kita ke banyak pihak. Dari sana secercah harapan pasca pandemi sudah mulai terlihat. Semua bisa dilakukan dengan online termasuk tetap menulis blog dimanapun berada yang bisa menjadikan salah satu sumber penghasilan dan semangat menghadapi pandemi. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan dimudahkan semua urusan. Aamiin. Selamat menulis blog, selamat berkarya :)

Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com