Langsung ke konten utama

Jangan Biarin Numpuk Sampah di Perut Saat Puasa

Jangan biarin numpuk
Doc. Andini

Saat puasa, jangan biarin numpuk sampah di perut dimana tentunya tubuh beradaptasi dengan perubahan jadwal makan dan minum kita. Beberapa masalah tubuh yang umum terjadi saat puasa adalah mual & muntah, nyeri lambung, kembung dan sulit BAB harus diatasi dan diantisipasi supaya ibadah puasa kita lancar jaya tanpa hambatan.

Sebagai anak kos, saya harus ekstra hati-hati dalam konsumsi makanan apalagi saat puasa begini. Pola makan yang kurang tepat bisa jadi masalah perut (pencernaan) datang menghampiri. Kalau sudah begitu, membuat seharian tidak nyaman menjalani puasa. 

Salah konsumsi makanan misalkan terlalu pedas, terlalu berminyak dan kurang makan sayur buah akan menimbulkan susah BAB selama berhari-hari bahkan sembelit. Kalau hari biasa lancar tapi bisa jadi waktu puasa jadi tidak lancar karena kencenderungan malas konsumsi buah dan sayur saat buka atau sayur. Saya pun pernah mengalami susah BAB saat berpuasa dan saya ada beberapa solusi untuk mengatasinya.

Konsumsi Sayur dan Buah 

Dengan mengonsumsi sayur dan buah saat buka puasa maupun sahur akan membantu memperlancar BAB. Kalau saya biasanya buka puasa minum jus dan makan semangkuk sayur bening. Lalu pada saat sahur makan sebuah apel atau bisa juga minum jus lagi.

Buah dan Sayur
Doc. Tribunnews

Air Putih

Pada saat buka puasa godaan minum yang manis-manis selalu ada di depan mata. Eitss jangan sampai lupa dengan yang namanya air putih ya. Minimal 8 gelas sehari harus tetap dilakukan. Banyak yang menyarankan jumlah takarannya 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas setelah shalat tarawih sampai sebelum tidur dan 2 gelas pada saat sahur. Kalau saya mewajibkan minimal 2 liter air putih pada saat berpuasa. Nakarnya tidak menggunakan gelas tapi botol minum berisi 1 liter tinggal dikalikan 2.

Air putih

Hindari Makanan Berminyak, Berlemak, dan Bersantan

Sebagai pemilik sakit lambung yang cukup lumayan, saya menghindari makanan berminyak, berlemak dan bersantan, contohnya gorengan, sambal goreng, atau rendang. Kalau lambung kambuh biasanya mempengaruhi proses BAB yang jadi susah atau sembelit. Rasanya perut penuh tapi susah untuk dikeluarkan. 

Olahraga

Sempatkan minimal 15 menit untuk gerak badan saat berpuasa sangat baik untuk tubuh agar tetap bugar. Peredaran lancar maka pencernaan pun lancar. Kalau malas berolahraga di pagi atau sore hari, olahragamu bisa dilakukan di malam hari setelah shalat tarawih. Tidak harus olahraga berat, lari-lari kecil di serambi rumah sambil menatap bintang-bintang di langit bisa menjadikan tubuhmu sehat juga pikiran lebih tenang. Cobain deh.

Olahraga
Doc. Tribunnews

Minum Obat Pencahar

Kalau masih juga mengalami susah BAB bahkan sembelit, jangan ragu untuk minum obat pencahar. Saya biasanya memilih Dulcolax yang cara kerjanya sudah bisa diprediksi yaitu 6-12 jam, jadi tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Dulcolax memiliki jenis tablet, sirup dan supositoria. Dulcolax sirup yang bisa dikonsumsi semua umur. Nah jadi sekarang saya selalu siap sedia Dulcolax di kos.

Jenis Dulcolax
Doc. Andini

Bicara soal sembelit, beberapa waktu lalu sempat sharing bersama Nycta Gina yang ternyata juga mengalami sembelit ketika hamil. Hingga kehamilan anak kedua, Nycta masih suka sembelit. Katanya juga setelah melahirkan masalah BAB masih menjadi kawannya. Nycta juga membagikan pengalamannya dalam berpuasa bersama keluarga. Makan buah, sayur dan minum air putih yang cukup menjadi kunci Nycta dan keluarga tetap bugar saat beribadah puasa.

Nycta Gina berbagi pengalaman bersama Dulcolax
Doc. Andini

Kalau sudah tidak nyaman perut, jangan biarkan numpuk di perut. Dorong dengan Dulcolax agar BAB lancar jadi perut nyaman puasa pun lancar. Semangat berpuasa, jangan lupa jaga asupan makanan agar perut nyaman.

Jangan biarin numpuk di perut
Doc. Andini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengembangkan Sains Melalui Kalbe Junior Scientist Award 2019

Sejak diselenggarakan tahun 2011, Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) memiliki jumlah peserta hingga ribuan yang meningkat setiap tahunnya dan tercatat 1,306 karya yang masuk atau 383 berdasarkan sekolah pada tahun 2018. KJSA adalah lomba karya sains nasional untuk siswa-siswi tingkat SD dan SMP se-Indonesia. Tahun 2019, KJSA tampil dengan KJSA Goes Digital yang memanfaatkan unsur teknologi digital di dalamnya guna menghadapi revolusi industri 4.0.

KJSA merupakan bentuk komitmen PT Kalbe Farma Tbk untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap ilmu pengetahuan sejak dini serta melihat permasalahan di sekitar dan mencari jawabannya.
Jenis teknologi digital yang digunakan untuk mengikuti KJSA ini tidak dibatasi. Mulai dari penggunaan alat bantu yang termasuk komputerisasi, automatisasi, programming (misalnya penggunaan tombol, sensor, remote, chip, micro-controler, micro-bit rasberry pi, dll). Pada KJSA tahun ini akan mengadakan monitoring atau pembimbingan kepada finalis terpi…

Kemchicks dan Tumpeng

Apa hubungannya Kemchicks dan Tumpeng?
Pada Sabtu, 20 Juli 2019 lalu, Kemchicks merayakan ulang tahun ke 70 hubungan diplomatik Indonesia-Amerika yang ditandai dengan pemotongan Nasi Tumpeng. Dalam tradisi masyarakat Jawa, Nasi Tumpeng dihadirkan pada peristiwa penting seperti pernikahan, ulang tahun, dan peresmian suatu tempat sebagai wujud rasa syukur.
Tumpeng adalah nasi putih/nasi kuning/nasi gurih berbentuk kerucut yang merupakan budaya masyarakat Jawa yang tertera dalam Serat Centhini. Tumpeng disebut juga dalam naskah sastra Ramayana, Arjuna Wijaya dan Kidung Hasra Wijaya sebagai hidangan dalam berbagai pesta.


Lauk pauk dalam penyajian tumpeng juga memiliki arti dimana harus ada unsur hewan darat, hewan laut dan sayur mayur. Tidak ada lauk pauk baku untuk menyertai nasi tumpeng, namun beberapa lauk yang biasa menyertai adalah perkedel, abon, kedelai goreng, telur dadar/telur goreng, timun yang dipotong melintang, dan daun seledri. Variasinya melibatkan tempe kering, serundeng, ura…

Belajar Sejarah Melalui Drama Kolosal Fatahillah

Belajar sejarah bagi sebagian orang memang membosankan, termasuk saya. Waktu saya duduk di bangku SMP dimana diminta memperdalam sejarah mulai dari masa kerajaan hingga Indonesia merdeka adalah tantangan yang cukup berat. Pasalnya saya pusing membaca buku-buku tebal ditambah guru yang bercerita panjang seakan meninabobokan saya ketika di kelas. Namun, seiring bertambahnya umur, saya menjadi tertarik belajar kembali tentang sejarah Indonesia. Saya menyesal, saya melewatkan pelajaran sejarah ketika sekolah dulu dan kini saya harus mengulang hampir seluruhnya.
Beruntung, semakin kesini jaman sudah canggih. Saya tinggal ketika kata kunci dan google mencarikan berbagai informasinya untuk saya. Akan tetapi saya lebih suka mencari informasi dengan pakar sejarah atau mengunjungi langsung situs-situs sejarah yang masih ada. Sejarah juga erat kaitannya dengan budaya, maka jika saya sedang bepetualang, saya mengutamakan mengunjungi tempat-tempat yang mengandung unsur sejarah dan budayanya. Dengan…