Langsung ke konten utama

INHALEC 2017 : Ruang Gaya Hidup Halal

Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo&Conference
(INHALEC 2017)
(dok. inhalec.co)

Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo&Conference (INHALEC) telah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. Perhelatan halal expo terbesar di Indonesia merupakan bentuk kepedulian atas kurangnya informasi mengenai industri halal di Indonesia. Padahal Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. INHALEC mencoba mengisi kesenjangan di bidang pengembangan bisnis halal dengan menampilkan expo showcase produk halal konferensi untuk membahas tren global dan kesempatan bisnis di Industri halal hingga menampilkan seni dan budaya religi yang dikemas dalam nuansa musik etnik dan modern.

“Dengan acara ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang tercatat “eksis” jadi penyelenggara Halal Expo dan Conference dan masuk agenda global untuk bulan Oktober.” jelas Sapta Nirwandar, Chairman Indonesia Halal Lifestyle Center.

Press Conference INHALEC 2017
(dok. Andini Harsono)


Di Negara-negara lain, event halal festival sudah menjadi agenda tahunan bahkan setengah tahunan. Seperti Malaysia memiliki HalalFest dan Mihas. Maka dari itu, Sapta Nirwandar berharap INHALEC menjadi event halal rutin yang Indonesia miliki.

Ada 10 sektor halal yang menjadi bagian gaya hidup akan hadir pada INHALEC yaitu, makanan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan rekreasional, layanan kesehatan serta seni dan budaya.

Sebagai penduduk muslim terbesar, peluang untuk menekuni dunia bisnis pada halal lifestyle masih terbuka lebar. Contohnya, fashion muslim. Kosmetika bagi kaum hawa adalah wajib dikenakan, maka kesempatan halal industri di bidang kosmetik juga merupakan sesuatu yang menjanjikan.

Saya tentunya wajib menjalankan kehidupan sehari-hari dengan gaya hidup halal. Harus selalu up to date tentang perkembangan halal di dunia agar tidak ketinggalan zaman hehe.

INHALEC 2017 akan berlangsung pada tanggal 19-21 Oktober 2017 di Balai Kartini, Jakarta. Akan ada 5 sub acara yaitu :

Conference yang membahas tentang “Halal Industry, Cultural and Technology.” dengan menghadirkan pembicara tokoh-tokoh dunia seperti, Dr. Ahmad Al-Dubayan (Director General of the Islamic Cultural Center in London), Prof. Dr. Winai Dahlan (Founder and Director of the Halal Science Center of Thailand), Dr. Kim Jin Woo (Director of International Business Affairs of KIHI-Korea) dan banyak lagi. Tentunya tokoh-tokoh inspiratif dari negeri sendiri juga hadir yaitu, Hermawan Kartajaya (CEO and Founder Markplus,Inc), Nurhayati Subakat (Founder of Wardah Cosmetics), Elidawati (Founder of El-Corp), dan lainnya (bisa dilihat pada banner di bawah ini).

Pembicara pada Conference INHALEC 2017
(dok, inhalec.co)


Untuk dapat mengikuti seminar ini, teman-teman bisa langsung daftar dengan menghubungi Meidya (meidya.inhalec@gmail.com) atau kepoin di websitenya www.inhalec.co

Konser Musik Spiritual Etnik oleh Dwiki Dharmawan and friend. Dwiki Dharmawan akan menampilkan lagu-lagu religi yang sebagian sudah dikenal di khalayak ramai namun dikemas dalam alunan musik kolaborasi modern dan etnik. Konser ini akan berlangsung pada tanggal 19 Oktober 2017, pukul 19.00 WIB di Nusa Indah Teater, Balai Kartini, Jakarta.

Pemutaran dan diskusi film “Iqro”. Dibintangi oleh pemain senior seperti Mike Lucock, Neno Warisman, Adhitya Putri, dan Cok Simbara yang menceritakan kehidupan anak zaman sekarang yang pintar terhadap teknologi namun tidak bisa membaca Al-Quran. Sementara diskusi film akan menghadirkan narasumber yang sudah mumpuni di industri film seperti Christine Hakim (Aktris), Budiyati Abyoga (Producer), HB Haveen (Produser), dan Larry Wijaya (Cerita Kota).

Fashion Show Busana Muslim. Karya-karya desainer berbakat Indonesia akan mengisi panggung peragaan busana muslim di INHALEC. Koleksi Dian Pelangi, El Zatta-Dauky, Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI), Risty Tagor, dan masih banyak lagi.

INHALEC Halal Expo. Akan ada 151 peserta (booth) dari dalam maupun luar negeri yang berpartisipasi dalam INHALEC 2017 ini dengan memamerkan show case produk-produk industri halal yang berlangsung selama 3 (tiga) hari yaitu 19-21 Oktober 2017. Dan untuk menghadiri expo ini, pengunjung bebas biaya masuk. Seru kaann..

Melalui INHALEC, diharapkan dapat memberi inspirasi kepada muslimah Indonesia dalam menjalankan gaya hidup halalnya. Ajang ini juga dapat dijadikan silaturahmi sesama muslim. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Sejarah Melalui Drama Kolosal Fatahillah

Belajar sejarah bagi sebagian orang memang membosankan, termasuk saya. Waktu saya duduk di bangku SMP dimana diminta memperdalam sejarah mulai dari masa kerajaan hingga Indonesia merdeka adalah tantangan yang cukup berat. Pasalnya saya pusing membaca buku-buku tebal ditambah guru yang bercerita panjang seakan meninabobokan saya ketika di kelas. Namun, seiring bertambahnya umur, saya menjadi tertarik belajar kembali tentang sejarah Indonesia. Saya menyesal, saya melewatkan pelajaran sejarah ketika sekolah dulu dan kini saya harus mengulang hampir seluruhnya.
Beruntung, semakin kesini jaman sudah canggih. Saya tinggal ketika kata kunci dan google mencarikan berbagai informasinya untuk saya. Akan tetapi saya lebih suka mencari informasi dengan pakar sejarah atau mengunjungi langsung situs-situs sejarah yang masih ada. Sejarah juga erat kaitannya dengan budaya, maka jika saya sedang bepetualang, saya mengutamakan mengunjungi tempat-tempat yang mengandung unsur sejarah dan budayanya. Dengan…

Film 99 Nama Cinta : Antara Ambisi dan Cinta

Siapa yang tak mengenal Acha Septriasa? Aktris yang kini tinggal di Australia kembali membintangi film berjudul 99 Nama Cinta pasca melahirkan. Berperan sebagai Talia seorang presenter sekaligus produser dalam program TV-nya sendiri yaitu acara gosip membuat ia jarang sekali ada waktu untuk Ibunya yang diperankan oleh Ira Wibowo apalagi mencari pasangan. Talia mengejar karir hingga ia melejit di dunia infotainment dan dikenal banyak orang. Namun, hidupnya berubah setelah bertemu dengan Kiblat (Deva Mahenra), ustaz muda yang muncul tiba-tiba untuk memberikan pelajaran agama sesuai wasiat almarhum ayah Talia. Namun siapa sangka, sejak pertemuan itu, karir Talia merosot jatuh gara-gara kesalahan kecil, tapi Kiblat ada untuk selalu mendukungnya hingga Talia mampu kembali bangkit dan menghadapi masalahnya.

Talia dan Kiblat yang sebenarnya merupakan teman kecil terlihat malu-malu saat bertemu kembali. Kiblat yang berniat tulus mengajari Talia mengaji mendapat penolakan dari Talia hingga timb…

Mengembangkan Sains Melalui Kalbe Junior Scientist Award 2019

Sejak diselenggarakan tahun 2011, Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) memiliki jumlah peserta hingga ribuan yang meningkat setiap tahunnya dan tercatat 1,306 karya yang masuk atau 383 berdasarkan sekolah pada tahun 2018. KJSA adalah lomba karya sains nasional untuk siswa-siswi tingkat SD dan SMP se-Indonesia. Tahun 2019, KJSA tampil dengan KJSA Goes Digital yang memanfaatkan unsur teknologi digital di dalamnya guna menghadapi revolusi industri 4.0.

KJSA merupakan bentuk komitmen PT Kalbe Farma Tbk untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap ilmu pengetahuan sejak dini serta melihat permasalahan di sekitar dan mencari jawabannya.
Jenis teknologi digital yang digunakan untuk mengikuti KJSA ini tidak dibatasi. Mulai dari penggunaan alat bantu yang termasuk komputerisasi, automatisasi, programming (misalnya penggunaan tombol, sensor, remote, chip, micro-controler, micro-bit rasberry pi, dll). Pada KJSA tahun ini akan mengadakan monitoring atau pembimbingan kepada finalis terpi…