Kenali Gangguan Tiroid Bagi Kesehatan Anda

Bukan Karena Anda : Tapi Tiroid Anda
International Thyroid Awareness Week
(dok. Andini Harsono)


Perubahan gaya hidup kaum urban sering kali berpengaruh pada kesehatan. Terlalu sibuk hingga lupa memperhatikan kesehatan yang ditandai dengan berbagai gejala atau perubahan pada tubuh. Masalah berat badan, gangguan tidur hingga sering merasa kelelahan dianggap merupakan kesalahan diri sendiri yang tidak bisa mengontrol gaya hidup. Padahal bisa jadi ini bukan karena Anda, bukan karena gaya hidup Anda (meskipun hal itu juga mempengaruhi gangguan kesehatan), tapi tiroid Anda bermasalah.

Sering kali kita tidak menyadari bahwa hormon tiroid kita bermasalah karena gejalanya atau tandanya mirip dengan gejala yang kita alami di kehidupan modern seperti sulit tidur, kecemasan, berkeringat dan kenaikan berat badan. Gaya hidup modern menuntut kita untuk serba cepat, semakin sibuk sehingga muncul asumsi bahwa waktu 1 hari tidak cukup menyelesaikan semuanya. Waspadailah kalau Anda memiliki kasus ini, bisa jadi kelenjar tiroid Anda tidak berfungsi normal.

Apa itu kelenjar tiroid?
Kelenjar tiroid adalah kelenjar hormon berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan bawah leher. Kelenjar tiroid mempunyai fungsi untuk mengendalikan metabolisme dan berperan penting dalam kesehatan. Tugas kelenjar tiroid adalah menghasilkan hormon tiroid yang akan dibawa oleh darah ke seluruh jaringan tubuh. Hormon ini dibutuhkan untuk memastikan jaringan dan organ tubuh bekerja dengan benar. Hormon tiroid membantu tubuh menggunakan energi, menjaga tubuh tetap hangat, menjaga otak, jantung, otot dan organ lain bekerja secara normal.

(dok. penyakittiroid.com)


Tentang Hipotiroid dan Hipertiroid
Ada 2 tipe utama gangguan tiroid yaitu hipotiroid dan hipertiroid. Masing-masing memiliki gejala dan penyebab yang berbeda. Saya meringkasnya seperti berikut :

Hipotiroid yaitu kelenjar tiroid yang kurang aktif. Artinya sel tubuh tidak mendapatkan hormon tiroid yang cukup disebabkan oleh kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Penyebabnya antara lain penyakit autoimun, kerusakan kelenjar tiroid, yodium yang terlalu banyak atau terlalu sedikit serta akibat pengobatan dengan radiasi. Apabila hipotiroid ini diabaikan maka akan menyebabkan komplikasi serius hingga mengancam keselamatan jiwa.

Hipertiroid yaitu kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Kelenjar tiroid melepaskan terlalu banyak hormon dalam aliran darah sehingga mempercepat proses metabolisme tubuh. Hipertiroid terjadi cenderung karena faktor keturunan keluarga dan sering terjadi pada perempuan usia muda. Hipertiroid sering ditandai dengan adanya nodul atau benjolan di kelenjar tiroid yang meningkatkan sekresi hormon tiroid dalam darah.

Bagaimana cara mendekteksi dini apakah kelenjar tiroid Anda berfungsi normal?
Hal mudah yang bisa dilakukan pertama kali untuk mengenali apakah kelenjar tiroid Anda berfungsi normal adalah dengan menjawab kuisioner di bawah ini yang saya salin dari kuisioner mandiri yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan RI.

Kuisioner 1 :
Saya seringkali merasa cemas dan mudah tersinggung (ya/tidak)
Tangan dan jari saya sedikit gemetar (ya/tidak)
Kulit dan rambut saya semakin tipis dan kuku saya tumbuh lebih cepat dari biasanya (ya/tidak)
Denyut jantung saya menjadi lebih cepat (ya/tidak)
Mata saya tampak melotot dan menonjol (ya/tidak)
Saya lebih sering berkeringat (ya/tidak)
Saya sering merasa lemas (ya/tidak)
Semua bagian tubuh saya rasanya berfungsi lebih cepat, termasuk sering buang air dan metabolisme meningkat, berat badan saya semakin turun, padahal nafsu makan saya meningkat (ya/tidak)
Siklus menstruasi saya berubah (ya/tidak)

Bila ada 5 gejala atau lebih yang Anda alami, kemungkinan Anda terkena Hipertiroid

Kuisioner 2 :
Saya seringkali merasa lelah dan mengantuk, kurang berenergi dan berstamina (ya/tidak)
Rasanya kerja otak melamban, sulit berkonsentrasi, dan memori saya menurun (ya/tidak)
Semua bagian tubuh saya terasa melambat, termasuk fungsi buang air dan metabolisme menurun, berat badan saya terus meningkat (ya/tidak)
Rambut saya terasa kering, kulit pucat dan kuku saya rapuh (ya/tidak)
Saya sering merasa dingin, bahkan saat orang lain merasa nyaman (ya/tidak)
Saya berpikir negatif dan merasa tertekan/depresi (ya/tidak)
Pergerakan dan reflek saya menjadi lambat (ya/tidak)
Tekanan darah saya meningkat dan denyut jantung saya melambat (ya/tidak)
Kadar kolesterol saya meningkat (ya/tidak)

Bila ada 5 gejala atau lebih yang Anda alami, kemungkinan Anda terkena Hipotiroid

Apa yang harus Anda perhatikan agar dapat mendekteksi dini kelenjar tiroid bermasalah?
Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan dari tubuh Anda supaya bisa dengan cepat mendekteksi awal adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Berikut rangkumannya.

Kenaikan/perubahan berat badan
Nah, bagi kaum hawa ini hal yang sangat penting. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan tanpa alasan yang jelas meskipun sudah menjaga porsi/pola makan, dan juga rajin berolahraga, kemungkinan Anda mengalami Hipotiroid. Sebaliknya jika Anda merasa berat badan tidak bertambah atau sulit sekali menjaga berat badan meskipun memiliki nafsu makan normal, bisa saja Anda mengalami Hipertiroid.

Kulit
Kulit terasa kering dan bersisik meskipun sudah menggunakan pelembab, bisa jadi Anda mengalami kelenjar tiroid yang kurang aktif atau hipotiroid.

Berkeringat
Anda mengeluarkan banyak keringat padahal orang lain biasa saja. Telapak tangan Anda lembab, gemetar saat berjabat tangan, gugup tanpa sebab, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroid.

Rambut
Rambut Anda rapuh serta kering, banyak yang mengira efek dari seringnya dicatok, padahal hal ini disebabkan oleh kelenjar tiroid Anda tidak aktif atau terlalu aktif. Kerontokan, kering dan rapuhnya rambut Anda bisa disebabkan karena hipotiroid atau hipertiroid.

Kuku
Jika Anda memiliki kuku mudah rapuh/mengelupas, tidak bercahaya dan kering, hal ini dapat disebabkan kelenjar tiroid Anda kurang aktif atau hipotiroid.

Mata
Anda sering menyalahkan layar komputer yang membuat mata Anda perih atau debu yang masuk pada mata. Anda juga bisa merasakan ketidaknyamanan pada mata meskipun berada di rumah dan tidak menatap layar komputer lama-lama, hati-hati bisa jadi Anda mengalami hipotiroid dan hipertiroid yang membuat Anda merasa ada pasirnya pada mata.

Pendengaran
Sering mendengarkan musik dengan volume kencang dan Anda merasa itu kurang kencang, hal ini bisa disebabkan kelenjar tiroid Anda kurang aktif.

Sistem pencernaan
Masalah pencernaan seperti sembelit, iritasi usus, dan kembung terkadang bisa terjadi karena hipotiroid. Sementara hipertiroid membuat Anda menjadi lebih sering buang air besar.

Jantung
Hipertiroid membuat jantung Anda berdetak lebih kencang (palpitasi)

Otot dan sendi
Nyeri, sakit dan lemah pada otot dan sendi adalah normal setelah beraktivitas berat, namun hipertiroid diketahui bisa menjadi penyebabnya. Kaku sendi, kram otot, dan kelemahan disebabkan oleh hipotiroid.

Siklus menstruasi
Bagi perempuan wajib memperhatikan siklus menstruasi, apakah normal atau tidak. Hipertiroid dapat mengganggu siklus menstruasi Anda menjadi jarang, masa haid yang panjang dan tidak teratur. Hipotiroid menjadikan siklus menstruasi Anda mengalami masa haid sedikit, berat atau kurangnya masa haid (waktunya lebih singkat).

Sementara Anda dapat merasakan beberapa hal di bawah ini untuk mengenali hipotiroid atau hipertiroid.

Keletihan yang berlebihan
Hipotiroid dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan, membuat tubuh merasa lebih lemas dari biasanya, lesu dan tidak bersemangat. Sedangkan hipertiroid dapat menyebabkan kelelahan yang luar biasa setelah beraktivitas padat meskipun Anda merasa Anda memiliki energi banyak dan dapat mengerjakan semua pekerjaan Anda secara cepat, namun setelah selesai Anda akan merasa kelelahan teramat parah.

Kesulitan tidur
Baik hipotiroid maupun hipertiroid memiliki gejala insomnia. Meskipun Anda lelah bekerja seharian, tapi mata Anda masih terjaga hingga larut. Keesokan harinya Anda tetap merasa segar meskipun kurang tidur.

Kesulitan konsentrasi dan pelupa
Sulit berkonsentrasi, mudah lupa bahkan untuk mengingat nama teman sendiri saja lupa, meletakan barang yang baru dipakai beberapa menit yang lalu lupa, maka Anda mengalami hipotiroid. Sedangkan hipertiroid akan menyebabkan Anda terus berkonsentrasi dan berpikir.

Kurang motivitasi
Hipotiroid akan cenderung menyebabkan seseorang menjadi malas bekerja meskipun tidak melakukan pekerjaan berat sekalipun. Bahkan untuk membereskan pekerjaan rumah sederhana, dia enggan melakukannya.

Sensitif terhadap suhu
Jika Anda merasa kedinginan pada suhu dimana orang lain merasa nyaman, bisa jadi Anda hipotiroid. Sedangkan hipertiroid akan sensitif dengan hawa panas. Kulitnya cenderung memerah dan terasa hangat.

Gairah seks
Anda mengalami penurunan gairah seks pada pasangan, hipotiroid menjadi penyebabnya. Sebaliknya tiba-tiba gairah Anda meningkat, hipertiroid telah menjadi sebabnya.

Depresi dan kecemasan
Depresi bisa disebabkan oleh hipotiroid. Kecemasan disebabkan oleh hipertiroid. Jika kedua hal itu terjadi, segeralah pergi menemui dokter.

Mudah tersinggung
Hipotiroid dan hipertiroid menyebabkan seseorang mudah marah, mudah tersinggung dan galak.

Perhatikan juga gangguan tiroid pada bayi yang baru lahir. Melakukan skrining saat bayi baru lahir sangat penting untuk mendiagnosa adanya gangguan tiroid atau tidak. Memberikan pemeriksaan kesehatan dan penanganan kesehatan apabila sudah terdiagnosa adalah hak anak yang harus diberikan orang tuanya.

Melihat betapa pentingnya fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh, membuat saya dan Anda harus lebih memperhatikannya. Dengan mendekteksi dini gejala dan tandanya, kemudian segera periksa ke dokter, dan juga pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah kelenjar tiroid Anda bekerja secara normal. Pastinya semua orang ingin hidupnya sehat, bekerja dengan baik, bahagia bersama keluarga, dan panjang umur. Semua itu dapat tercapai apabila Anda peduli terhadap diri Anda sendiri dan kesehatan adalah kunci utama kebahagiaan hidup.

Peluncuran buku saku Waspada Gangguan Tiroid
Kementerian Kesehatan RI, Jumat, 26 Mei 2017
(dok. Andini Harsono)

Pekan Kesadaran Tiroid International
Kementerian Kesehatan RI, Jumat, 26 Mei 2017
(dok. Andini Harsono)

 ---
 Sumber :
- Booklet Waspada Tiroid oleh Kementerian Kesehatan RI
- Buku saku "Waspada Gangguan Tiroid" oleh Kementerian Kesehatan RI
- www.tiroidindonesia.com


  

Komentar

  1. Walau tidak menular tapi bila terlambat diobati bisa fatal akibatnya ya mbak.

    BalasHapus
  2. Baru tau kalo tiroid bisa kemana-mana efeknya. Selama ini tau nya paling cm ga enak makan aja. Makasih sharingnya Mba

    BalasHapus
  3. Haduh, saya suka denger musik yg kenceng2 nih, kaya rock ballad, metallica, guns n roses ..semoga tiroidnya gak bermasalah

    BalasHapus
  4. Kudu respek ama kesehatan nih. Dan sering2 cek ke dokter ya kl ada masalah di tiroid.

    BalasHapus
  5. Duh kok aku ngerasa banyak banget gejalanya yang persis sama kondisi aku sekarang. Kayanya perlu ke dokter untuk periksa nih

    BalasHapus
  6. Info tanda2 & gejala gangguan tiroid lengkap nih, thx info....skarang jd tau tanda2nya

    BalasHapus
  7. terima kasih infonya jadi perlu rutin cek kesehatan dan menjaga pola hidup sehat :)

    BalasHapus
  8. Kuncinya tetap menjaga pola hidup sehat dan check up ke dokter yaa. Udah lama nih ke periksa darah. Kayaknya harus rutin ya. Thanks for sharing, mba :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, dari ciri-cirinya saya tidak termasuk. Saya asam urat :(

    BalasHapus
  10. Gejala-gejala gangguan tiroid yang hampir sama dengan penyakit lain memang bikin bingung . Untung, ada cara-cara mengenalinya dalam tulisan ini. Terima kasih, Andini

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak ciri2 untuk mengenali gangguan tiroid ini, ngeri juga ya mbak

    BalasHapus
  12. Temanku punya penyakit ini, jadinya malah susah untuk ngurusin badan, mau pake cara apapun tetap aja badannya enggak bisa kurus. katanya sih pengaruh dari tiroidnya itu. CMIIW

    BalasHapus
  13. Semoga masyarakat banyak yang aware yg Mba tentang waspada tiroid ini, demi selamatkan generasi penerus bangsa kelak.

    BalasHapus
  14. penyakit yang meskipun tidak menular tiroid ini sangat patut diwaspadai oleh yang seusia kita ini deh, mencegah lebih baik daripada mengobati apanan ge atuh ih

    BalasHapus
  15. Semoga kita semua terhindar dari gangguan tiroid ya mbak.

    BalasHapus
  16. Harus cek kesehatan rutin berkala kali yah biar tau kondisi tubuh kita juga.jd bs kenali gejala2 gitu

    BalasHapus
  17. aku pernah cek ini dan alhamdulillah negatif

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com