Langsung ke konten utama

Rumah Sakit Husada Melayani Meningkatkan Mutu Tiada Henti

Seorang pasien sedang melakukan Dental X-ray di Rumah Sakit Husada
(dok. Rumah Sakit Husada)
Kesehatan adalah nikmat luar biasa yang patut disyukuri. Sudah seharusnya kita menjaganya. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat salah satunya adalah cek kesehatan secara berkala. Masyarakat tentunya memerlukan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjamin keamanannya. Maka dari itu, masyarakat semakin kritis dalam memilih rumah sakit yang melayani kebutuhan kesehatan masyarakat dengan baik dan bermutu. Rumah Sakit Husada sudah membuktikan sebagai pelayan kesehatan masyarakat selama 92 tahun. Rumah sakit yang dulu bernama “Jang Seng le” didirikan pada 28 Desember 1924 oleh dr. Kwa Tjoan Sioe dan beberapa teman sejawat. Pada 25 Juni 1971, Rumah Sakit Husada ditetapkan sebagai Rumah Sakit Umum Pusat bagian Utara.


Instalasi Radiologi Rumah Sakit Husada
(dok. Andini Harsono)

Lobby Rumah Sakit Husada
(dok. Andini Harsono)



Pada ulang tahunnya yang ke 92 ini, Rumah Sakit Husada berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanannya dengan membuka pelayanan kanker, menghadirkan dokter-dokter muda profesional, dan melengkapinya dengan alat-alat medis tercanggih. Yang tidak kalah diperhatikan adalah terus meningkatkan mutu pelayanan dari para karyawan Rumah Sakit Husada. Membudayakan senyum, sapa dan salam saat menerima semua pasien dan masyarakat yang berkunjung di Rumah Sakit Husada. Menurut Dr. Erniody Sp. An, KIC, M. Kes, Rumah Sakit Husada memiliki pasien yang loyal dari generasi ke generasi dalam satu keluarga. Hal itu terjadi karena Rumah Sakit Husada mempunyai pelayanan kesehatan bermutu.

dr. Erniody Sp. An, KIC, M. Kes, Direktur Utama Rumah Sakit Husada
(dok. Rumah Sakit Husada)

3D Panoramic Dental X-Ray (Deteksi Dini Kesehatan Gigi Anda dengan Dental X-ray)

Jangan remehkan sakit gigi. Selama ini masyarakat beranggapan bahwa sakit gigi adalah hal yang biasa. Padahal dari gigi bisa menjadi penyebab berbagai penyakit. Salah satunya jantung. Kuman-kuman yang ada di gigi bisa masuk ke katub-katub jantung melalui aliran darah. Sehingga menghambat kinerja jantung. Dengan Dental X-Ray dapat membantu dokter gigi mendeteksi kerusakan atau penyakit yang tidak terlihat selama pemeriksaan rutin pada gigi.

Manfaat dental X-ray antara lain mengetahui jumlah, ukuran, dan posisi gigi, kehadiran dan tingkat karies gigi/gigi berlubang, gigi abscessed, rahang retak, maloklusi gigi, dan kelainan gigi dan tulang rahang. Sinar X sendiri bukan hal baru di dunia kedokteran, setelah sebelumnya digunakan untuk membantu mendeteksi kesehatan tulang dan paru.

Dental X-ray
(dok. Andini Harsono)

Pusat Onkologi

Pusat onkologi adalah salah satu program pengembangan Rumah Sakit Husada di tahun 2017. Rumah Sakit Husada siap menerima pasien kanker dengan kesiapan alat-alat medis, obat-obatan dan bangunan khusus untuk pasien kanker rawat inap yang terletak di samping hutan tropis. Hutan yang sudah ada sejak tahun 90-an ini, menjadi kelebihan Rumah Sakit Husada untuk merawat pasien kanker. Pasien akan merasa berada di rumah sendiri. Dengan ketenangan jiwa dan kedamaian dipercaya dapat menambah kekuatan pasien dalam berjuang melawan kanker.

Saya ketika mengunjungi Rumah Sakit Husada juga merasa berada di rumah sendiri. Sejuk dan tenang. Rumah sakit dengan luas 66 hektar dengan kapasitas 311 tempat tidur dan memiliki fasilitas ruang rawat inap super suite, suite, VIP Superior, VIP Standard, Kelas I, II, III, ruangan anak, ruangan untuk kebidanan dan penyakit kandungan, ruangan perawatan intensif (ICU/ICCU).

Laboratorium Pemeriksaan Hematologi Rumah Sakit Husada
(dok. Andini Harsono)

dr. Liliani Wahyu Sp. Mata saat bertemu media dan blogger
(dok. Andini Harsono)

Selain itu, Rumah Sakit Husada memiliki peralatan laboratorium pemeriksaan hematologi. Keadaan darah di tubuh seperti kadar hemoglobin, bentuk sel darah, adanya kekentalan dalam darah, dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan Hematologi. Hasil pemeriksaan dapat diketahui dalam waktu tiga hari lebih cepat dari alat lainnya.
Dokter-dokter muda yang ramah juga akan menjadi teman baik pasien agar tidak takut menghadapi penyakitnya. Saya bertemu dengan dr. Subrady Leo SS, SpBS ahli syaraf yang sangat ramah dan menjelaskan tentang apa itu penyakit syaraf dengan bahasa senderhana dan gaya santai. Lalu dr. Liliani Sp.Mata yang memberikan penjelasan tentang mata minus, silinder serta lasik.

Rumah Sakit Husada juga akan melakukan pengembangan selain pusat onkologi seperti ambulans transport menjadi ambulans critical, klinik sleep apnoe, husada heart centre, pusat bedah minimal invasif, pusat endoskopi, dan brain&spine centre.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengembangkan Sains Melalui Kalbe Junior Scientist Award 2019

Sejak diselenggarakan tahun 2011, Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) memiliki jumlah peserta hingga ribuan yang meningkat setiap tahunnya dan tercatat 1,306 karya yang masuk atau 383 berdasarkan sekolah pada tahun 2018. KJSA adalah lomba karya sains nasional untuk siswa-siswi tingkat SD dan SMP se-Indonesia. Tahun 2019, KJSA tampil dengan KJSA Goes Digital yang memanfaatkan unsur teknologi digital di dalamnya guna menghadapi revolusi industri 4.0.

KJSA merupakan bentuk komitmen PT Kalbe Farma Tbk untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap ilmu pengetahuan sejak dini serta melihat permasalahan di sekitar dan mencari jawabannya.
Jenis teknologi digital yang digunakan untuk mengikuti KJSA ini tidak dibatasi. Mulai dari penggunaan alat bantu yang termasuk komputerisasi, automatisasi, programming (misalnya penggunaan tombol, sensor, remote, chip, micro-controler, micro-bit rasberry pi, dll). Pada KJSA tahun ini akan mengadakan monitoring atau pembimbingan kepada finalis terpi…

Kemchicks dan Tumpeng

Apa hubungannya Kemchicks dan Tumpeng?
Pada Sabtu, 20 Juli 2019 lalu, Kemchicks merayakan ulang tahun ke 70 hubungan diplomatik Indonesia-Amerika yang ditandai dengan pemotongan Nasi Tumpeng. Dalam tradisi masyarakat Jawa, Nasi Tumpeng dihadirkan pada peristiwa penting seperti pernikahan, ulang tahun, dan peresmian suatu tempat sebagai wujud rasa syukur.
Tumpeng adalah nasi putih/nasi kuning/nasi gurih berbentuk kerucut yang merupakan budaya masyarakat Jawa yang tertera dalam Serat Centhini. Tumpeng disebut juga dalam naskah sastra Ramayana, Arjuna Wijaya dan Kidung Hasra Wijaya sebagai hidangan dalam berbagai pesta.


Lauk pauk dalam penyajian tumpeng juga memiliki arti dimana harus ada unsur hewan darat, hewan laut dan sayur mayur. Tidak ada lauk pauk baku untuk menyertai nasi tumpeng, namun beberapa lauk yang biasa menyertai adalah perkedel, abon, kedelai goreng, telur dadar/telur goreng, timun yang dipotong melintang, dan daun seledri. Variasinya melibatkan tempe kering, serundeng, ura…

Belajar Sejarah Melalui Drama Kolosal Fatahillah

Belajar sejarah bagi sebagian orang memang membosankan, termasuk saya. Waktu saya duduk di bangku SMP dimana diminta memperdalam sejarah mulai dari masa kerajaan hingga Indonesia merdeka adalah tantangan yang cukup berat. Pasalnya saya pusing membaca buku-buku tebal ditambah guru yang bercerita panjang seakan meninabobokan saya ketika di kelas. Namun, seiring bertambahnya umur, saya menjadi tertarik belajar kembali tentang sejarah Indonesia. Saya menyesal, saya melewatkan pelajaran sejarah ketika sekolah dulu dan kini saya harus mengulang hampir seluruhnya.
Beruntung, semakin kesini jaman sudah canggih. Saya tinggal ketika kata kunci dan google mencarikan berbagai informasinya untuk saya. Akan tetapi saya lebih suka mencari informasi dengan pakar sejarah atau mengunjungi langsung situs-situs sejarah yang masih ada. Sejarah juga erat kaitannya dengan budaya, maka jika saya sedang bepetualang, saya mengutamakan mengunjungi tempat-tempat yang mengandung unsur sejarah dan budayanya. Dengan…