Geliat UKM, Pesona Indonesia

Walikota Bandung, Menteri KUKM, dan Jajaran Kementerian KUKM.
SMESCO, 28 Februari 2016 #MarketeersCreativityDay
Doc. Pribadi

Munculnya berbagai macam produk yang beredar di pasaran, menunjukkan bahwa geliat ekonomi di Indonesia mulai meningkat. Setiap orang sekarang ini bisa menjadi seorang pengusaha. Dengan modal kreatif dan keberanian, seseorang sudah dapat meraih kesuksesan sebagai seorang pengusaha. Melalui Galeri Indonesia Wow, masyarakat dapat memperoleh pengetahuan tentang bagaimana menjadi seorang pengusaha yang sukses dan profesional. Mereka yang sudah memiliki industri atau usaha pun dapat memanfaatkan tempat ini sebagai ajang promosi sekaligus melebarkan sayap usahanya. Persaingan yang super ketat menuntut kita semua sebagai pelaku usaha untuk terus berinovasi, kreatif , dinamis dan menjaminkan mutu yang baik untuk semua produk yang kita hasilkan. Sebagai seorang pembeli juga harus cerdas memilih dan menggunakan barang-barang berkualitas karya anak Bangsa. Sudah saatnya kita mendukung hasil karya industri lokal yang tidak kalah bagusnya dengan produk luar negeri. Nah, di Galeri Indonesia Wow inilah tempat kita bersilaturahmi, bertukar pikiran, belajar, serta melakukan transaksi jual beli antara pengrajin dan pembeli.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia berkomitmen untuk memajukan ekonomi Indonesia dengan membina dan membantu mengelola industri kecil dan menengah yang tengah mewarnai pasar Indonesia. Melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM), komitmen tersebut dibuktikan dengan berdirinya Galeri Indonesia Wow di Gedung SMESCO Jalan Gatot Subroto Jakarta. Galeri Indonesia Wow juga membuka pintu lebar-lebar bagi para penggiat industri untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usahanya. Para netizen dan media juga mendapatkan kesempatan yang sama.

Untuk pelaku industri, akan dibantu promosi produknya dengan diberikan tempat atau etalase untuk memajang produknya di Galeri Indonesia Wow. Batas waktu bagi mereka adalah 6 bulan. Setelah 6 bulan akan dinilai bagaimana perkembangan usahanya dan dianggap layak untuk naik kelas dan mandiri bersaing di masyarakat. Selain itu, UKM/pelaku industri juga diberikan kesempatan untuk bertemu dengan mitra bisnisnya dengan menikmati fasilitas Wifi gratis akan menambah kemudahan promosi atau bertransaksi via online.

Berbicara aktivitas online, dewasa ini kehadiran para netizen atau blogger dirasa sangat memberikan pengaruh luar biasa untuk mengembangkan UKM. Direktur LLP-KUKM menyatakan dirasa perlu menggandeng para blogger untuk membantu memberikan informasi secara benar dan luas kepada masyarakat tentang berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan di Galeri Indonesia Wow. Seperti yang diselenggarakan 28 Februari lalu yaitu Marketeers Creativity Day "Soul Of Bandung". Galeri Indonesia Wow sangat mendukung terlaksananya promosi industri yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia. Bandung, siapa yang tidak kenal kota Bandung. Kota yang memiliki potensi wisata alam dan juga kuliner ini menjadi hiburan warga Ibukota selagi libur. Di event Soul Of Bandung, kita dapat menemui kuliner hingga kerajinan khas kota Bandung yang dirindukan. Event yang dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Menteri KUKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan beberapa pejabat eselon Kementerian KUKM serta dihadiri oleh Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri berlangsung sukses.

Soul Of Bandung.
#MarketeersCreativityDay
Doc. Pribadi

Pada acara Marketeers Creativity Day "Soul Of Bandung" terdapat juga kerajinan-kerajinan yang dipameran dari daerah lain. Sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi bagi mereka para pengrajin yang dengan teliti mengerjakan aneka barang yang menjadi ciri khas daerahnya masing-masing. Dengan tidak menawar harga terlalu rendah sudah merupakan bentuk penghargaan kita kepada mereka. Kreatifitas seseorang tidak ada nilai uang yang dapat membelinya. Karena setiap orang memiliki kreatifitas masing-masing. Lalu membantu mereka untuk mempromosikan hasil karyanya juga sudah merupakan bentuk dukungan agar usaha mereka lebih dikenal sehingga dapat laku terjual. Galeri Indonesia Wow dan LLP-KUKM tentunya harus tetap dan terus mengembangkan konsep-konsep baik dalam promosi UKM, pembinaan UKM, dan bersama dengan masyarakat mengawasi hasil kegiatan UKM agar tidak menimbulkan hal-hal yang merugikan dimasa yang akan datang. 

Selain menghadiri acara Marketeers Creativity Day "Soul Of Bandung", kami para blogger berkesempatan bertemu dan berdiskusi dengan Anto Suroto, pengusaha tas kulit Scano Exotica Indonesia yang sudah berhasil menembus pasar Eropa, Amerika dan Asia. Sejak 2013 beliau aktif membina ribuan UKM yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bogor, DKI, Bekasi, Medan dan Palembang. Sedangkan di Galeri Indonesia Wow, Anto Suroto berdedikasi untuk menjadi kurator produk-produk UKM agar memenuhi standar kualitas yang mumpuni. Anto Suroto juga menegaskan bahwa UKM harus memiliki 5K yaitu kreativitas, kemauan, kemampuan, konsisten dan komitmen. Apabila 5K itu dijalankan dengan baik maka akan menghasilkan kualitas baik bagi dirinya sebagai pengusaha dan juga produk yang dihasilkan dari usahanya tersebut. Hal ini juga merupakan tantangan bagi para UKM untuk terus mempertahankan usaha yang dimilikinya.

Staf ahli Menteri Koperasi dan UKM, Pariaman Sinaga yang juga memberikan pengarahan di acara yang sama, menjelaskan UMKM ada 2 kriteria yaitu berdasarkan jumlah aset dan omset. Usaha mikro adalah yang memiliki omset maksimal 300 juta per tahun. Usaha kecil adalah yang memiliki omset antara 300 juta – 2,5 milyar per tahun. Sedangkan usaha menengah adalah yang memiliki omset 2,5 milyar – 10 milyar per tahun. Beliau juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengubah pola pikir yang tadinya konsumtif menjadi produktif. Blogger juga dapat dijadikan partner untuk terus berinovasi dan berbagai ilmu kreatif dalam menjalankan usahanya.



“Sudah bukan saatnya lagi kita menunggu bola, saatnya sekarang adalah melakukan tendangan pinalti untuk menghadapi ekonomi ASEAN. Malah sudah bukan saatnya lagi ASEAN melainkan Eropa, Amerika dan Timur Tengah yang harus kita taklukan dengan produk UKM Indonesia.” ujar Anto Suroto sebagai penutup pertemuan berkesan ini.

Bersama Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 2015
#MarketeersCreativityDay
Doc. Pribadi



Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com