Langsung ke konten utama

Apa Kabar Lagu Anak Indonesia?

Jakarta, 18 Juni 2014

Seiring perkembangan jaman, lagu anak - anak di Indonesia seperti mati suri. Tidak ada terdengar sedikitpun baik di televisi ataupun di radio. Bahkan anak - anak sekarang lebih sering menyanyikan lagu - lagu dewasa. Sungguh miris hati ini.

Banyaknya kompetisi - kompetisi yang mengangkat tema anak - anak bagi saya itu tidak semuanya tepat sasaran. Kontes - kontes bintang di televisi pun banyak yang tidak sesuai dengan umur. Lagu yang dinyanyikan sudah bertema cinta - cintaan melulu, kapan lagu anak - anak dibawakan?Apalagi lagu kebangsaan? :(

Untuk menghadirkan kembali lagu - lagu anak yang legendaris, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Yayasan Putera Bahagia Jaya menggelar  Pagelaran Seni Anak Jakarta ( PSAJ ) yang ke 8, dalam rangka memperingati Hari Anak. Ide awal diselenggarakannya PSAJ ini dilontarkan oleh Ketua Yayasan Putera Bahagia Jaya, Ibu Tatiek Fauzi Bowo yang sekarang ini sedang mendampingi suami bertugas di Jerman.


Drama musikal bertajuk "Aku Anak Indonesia" di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki hari ini melibatkan anak - anak siswa SMP yang telah menjadi alumni terpilih angkatan ke 2 tahun 2013 dari SMP 18 Jakarta dan SMP Muhammadiyah 16 Jakarta didukung oleh bintang tamu Cornelia Agatha dan Steny Agustaf sebagai MC. Pagelaran ini juga melibatkan anak dari keluarga pra sejahtera Jakarta calon peserta Program Pengembangan Diri Yayasan Putera Bahagia Jaya untuk menyaksikannya.
Saat ini anak usia sekolah ( umur 7 - 18 tahun ) yang berasal dari keluarga pra-sejahtera di Jakarta mencapai kurang lebih 332.465 anak menurut hasil pendataan Program Perlindungan Sosial atau PPLS tahun 2011. Yayasan Putera Bahagia Jaya terus giat meningkatkan program dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman untuk mengembangkan potensi dan hasrat berprestasi mereka. Pada kesempatan ini juga Yayasan Putera Bahagia Jaya didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melepas 1.700 anak - anak dan 170 guru pembimbing dari keluarga pra-sejahtera dari sekolah terpilih untuk mengikuti program pengembangan diri "Life Skills" yang diadakan setiap tahun di Cimacan, Jawa Barat.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan tontotan anak - anaknya. Dukung anak untuk berkembang sesuai dengan umur atau masanya. Biarkan berkembang sehat dan baik serta tak lupa membangun rasa percaya dirinya untuk menggali potensi diri, hidup bermartabat dan berprestasi serta menjadi pemimpin dan agent of change dalam lingkungannya kelak.

Drama musikal yang disutradarai oleh Tjut Nyak Deviana Daudsjah ini memberikan sajian yang sangat sederhana dan alur cerita yang mengalir sesuai dengan usia anak SMP, dimana usia rawan untuk bergaul. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Ahok yang memberi apresiasi sangat besar dan berharap untuk bisa diadakan event - event serupa agar lagu anak tidak mati untuk selamanya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Sambil Berlibur di D'Kandang Depok

Welcome to D'kandang The Amazing Farm
Seiring perkembangan jaman, tempat wisata yang menyajikan udara segar, pepohonan hijau nan rimbun, dan nuansa yang penuh dengan edukasi jarang sekali ditemui apalagi di kota - kota besar seperti Jakarta. Debu, polusi, kemacetan, keramaian dan individualisme sangat kental terasa di Jakarta. Maka dari itu, orang - orang yang mempunyai kesibukan tinggi melakukan liburan di akhir pekan untuk me-refresh kembali jasmani dan rohaninya. Bandung, Bogor dan area Puncak menjadi pilihan mereka untuk berlibur. Dan kini di Depok ada tempat wisata yang sangat baik untuk berlibur terutama bersama keluarga. Baik untuk mengenal alam dan membuat lebih dekatnya. Baik untuk kesehatan karena berjajar tanaman dan pepohonan hijau nan asri. Baik untuk pendidikan anak - anak karena bisa belajar tentang dunia IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam). Baik juga bagi rohani karena menjadikan kita lebih bersyukur dan membuka mata hati kita untuk menjaga dan melestarikan anugrah terin…

Belajar Bijak Menjadi Pengendara Bersama Queenrides

Menjadi pengendara di jalan raya entah motor entah mobil selalu mengalami banyak hal. Faktor yang paling berpengaruh adalah emosi. Jakarta yang sangat padat ketika jam berangkat dan pulang kantor mengundang emosi para pengendara di jalan raya. Untuk itu, perlu dipahami kembali tentang etika dan peraturan dalam berkendara. Tanpa adanya etika ketika berkendara, tentunya akan memancing banyak masalah. Contohnya membuang sampah sembarangan, meludah, membunyikan klakson berlebihan, dan lain sebagainya. Lalu tentang peraturan, jelas sudah diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Sudahkah kita membacanya dengan cermat?

Saya memang tidak menyetir mobil maupun motor sendiri, tapi saya selalu berada di tengah balada kemacetan Ibukota setiap harinya. Sebagai pengguna jasa ojek online, sering sekali merasa sebal ketika kaki tersenggol motor lain yang mencoba menyalip motor kami atau justru abang ojek yang mengantar saya berbuat yang melanggar aturan, m…

Mobil Bekas Menjadi Solusi Kebutuhan Anda

Memiliki sebuah kendaraan baik roda dua atau roda empat kini sudah menjadi kebutuhan sebagian masyarakat. Semakin tinggi mobilitas aktivitas seseorang maka keinginan untuk memiliki kendaraan pribadi semakin tinggi pula. Sudah bukan keinginan lagi melainkan menjadi kebutuhan.
Kendaraan roda empat (mobil) menjadi rumah kedua bagi masyarakat Ibukota Jakarta yang kesehariannya berada di luar rumah. Dalam satu hari bisa berpindah-pindah tempat yang tidak mungkin pulang ke rumah dulu lalu kemudian berangkat lagi mengingat Jakarta memiliki jarak tempuh cukup melelahkan antar tempat. Untuk itu tak jarang mobil dijadikan sebagai tempat menyimpan barang-barang kebutuhan seperti baju, sepatu, logistik bahkan tempat untuk beristirahat.
Kenyamanan mobil tentunya menjadi prioritas utama. Kenyamanan juga meliputi dari keamanan dari segi mesin, body mobil dan juga legalitas dari mobil tersebut. Lalu bagaimana jika ternyata saya atau Anda yang ingin memiliki mobil namun uangnya terasa masih jauh dari cu…