Apa Kabar Lagu Anak Indonesia?

Jakarta, 18 Juni 2014

Seiring perkembangan jaman, lagu anak - anak di Indonesia seperti mati suri. Tidak ada terdengar sedikitpun baik di televisi ataupun di radio. Bahkan anak - anak sekarang lebih sering menyanyikan lagu - lagu dewasa. Sungguh miris hati ini.

Banyaknya kompetisi - kompetisi yang mengangkat tema anak - anak bagi saya itu tidak semuanya tepat sasaran. Kontes - kontes bintang di televisi pun banyak yang tidak sesuai dengan umur. Lagu yang dinyanyikan sudah bertema cinta - cintaan melulu, kapan lagu anak - anak dibawakan?Apalagi lagu kebangsaan? :(

Untuk menghadirkan kembali lagu - lagu anak yang legendaris, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Yayasan Putera Bahagia Jaya menggelar  Pagelaran Seni Anak Jakarta ( PSAJ ) yang ke 8, dalam rangka memperingati Hari Anak. Ide awal diselenggarakannya PSAJ ini dilontarkan oleh Ketua Yayasan Putera Bahagia Jaya, Ibu Tatiek Fauzi Bowo yang sekarang ini sedang mendampingi suami bertugas di Jerman.


Drama musikal bertajuk "Aku Anak Indonesia" di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki hari ini melibatkan anak - anak siswa SMP yang telah menjadi alumni terpilih angkatan ke 2 tahun 2013 dari SMP 18 Jakarta dan SMP Muhammadiyah 16 Jakarta didukung oleh bintang tamu Cornelia Agatha dan Steny Agustaf sebagai MC. Pagelaran ini juga melibatkan anak dari keluarga pra sejahtera Jakarta calon peserta Program Pengembangan Diri Yayasan Putera Bahagia Jaya untuk menyaksikannya.
Saat ini anak usia sekolah ( umur 7 - 18 tahun ) yang berasal dari keluarga pra-sejahtera di Jakarta mencapai kurang lebih 332.465 anak menurut hasil pendataan Program Perlindungan Sosial atau PPLS tahun 2011. Yayasan Putera Bahagia Jaya terus giat meningkatkan program dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman untuk mengembangkan potensi dan hasrat berprestasi mereka. Pada kesempatan ini juga Yayasan Putera Bahagia Jaya didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melepas 1.700 anak - anak dan 170 guru pembimbing dari keluarga pra-sejahtera dari sekolah terpilih untuk mengikuti program pengembangan diri "Life Skills" yang diadakan setiap tahun di Cimacan, Jawa Barat.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan tontotan anak - anaknya. Dukung anak untuk berkembang sesuai dengan umur atau masanya. Biarkan berkembang sehat dan baik serta tak lupa membangun rasa percaya dirinya untuk menggali potensi diri, hidup bermartabat dan berprestasi serta menjadi pemimpin dan agent of change dalam lingkungannya kelak.

Drama musikal yang disutradarai oleh Tjut Nyak Deviana Daudsjah ini memberikan sajian yang sangat sederhana dan alur cerita yang mengalir sesuai dengan usia anak SMP, dimana usia rawan untuk bergaul. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Ahok yang memberi apresiasi sangat besar dan berharap untuk bisa diadakan event - event serupa agar lagu anak tidak mati untuk selamanya.



Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com