Langsung ke konten utama

IPEX 2019 dan Rumah Impian

Design interior rumah minimalis warna alam
Doc. dekoruma
Memiliki hunian nyaman adalah impian setiap orang, tak terkecuali saya. Tidak perlu besar, namun dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat berada di rumah. Membangun rumah atau memilih rumah yang sudah jadi terkadang membuat kita galau. Budget dan lokasi adalah faktor utamanya. Tapi bagaimana kita bisa membuat rumah yang minimalis dengan fungsi maksimal. Bukan hanya sebagai tempat tinggal tapi juga bisa menjadi tempat kerja.


Beberapa hari yang lalu saya mengikuti Talkshow dan Blogger Gathering dengan tema “Serba-serbi Menata Rumah” yang menghadirkan narasumber Zata Ligouw dan Adelya Vivin. Talkshow tersebut dilaksanakan dalam rangkaian acara Indonesia Properti Expo yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Talkshow Serba Serbi Menata Rumah
Doc. Andini Harsono

Sebagai seorang pekerja lepas, saya memiliki kesamaan dengan Kak Zata dan Kak Adel. Kami membutuhkan ruang kerja nyaman di dalam rumah. Apalagi kami dituntut untuk terus produktif dan kreatif agar pekerjaan semakin lancar tanpa kendala.

Berikut ini saya mencoba merangkum tips dari keduanya, bagaimana sih mengatur rumah mungil sekaligus menciptakan ruang kerja nyaman di rumah?


Siapkan Budget Berdasarkan Kemampuan

Baik Kak Adel dan Kak Zata menuturkan bahwa anggaran sangat mempengaruhi dalam penataan rumah. Sebaiknya anggaran disiapkan berdasarkan kemampuan dan dikeluarkan berdasarkan kebutuhan. Dengan mengenal karakter diri sendiri dan keluarga, maka akan tercipta sebuah konsep tempat tinggal yang sesuai tanpa menguras kocek dalam-dalam.

Selain itu, perabotan yang dipilih juga sesuai dengan hal-hal yang kita sukai. Bahkan mereka menyarankan untuk menggunakan wadah-wadah daur ulang sebagai tempat penyimpanan. Misalkan, dapat bingkisan lebaran dengan kotak yang cukup besar dan berbahan bagus, kotak tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyimpan alat tulis atau pernak-pernik. Jadi tidak perlu membeli wadah baru.

Pada IPEX 2019, saya menemukan banyak konsep rumah minimalis dengan anggaran yang juga minimalis. Selain rumah ada pula apartemen. Bagi yang memiliki kesibukan padat di tengah kota, apartemen bisa menjadi pilihan tepat untuk tempat tinggal karena rumah baru biasanya sudah berada di pinggiran kota. Apartemen juga bisa menjadi investasi yang menjanjikan.

Pilihan Warna Alam

Untuk memberi kesan luas pada setiap ruang dalam rumah, disarankan memilih warna-warna alam seperti putih, krem, cokelat dan biru palet. Hiasan dinding yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu berat. Tambahkan sentuhan tanaman pada dinding atau sudut rumah. Selain baik bagi sirkulasi udara, menaruh tanaman juga dapat menyegarkan mata dan menghilangkan stress.
                                              
IPEX 2019 kali ini, menawarkan warna-warna rumah atau apartemen seperti ini. Konsep minimalis kekinian yang menarik mata. Saya sangat tertarik dengan konsep scandinavian. Wow.

Beri Ruang Untuk Meja Kerja

Tidak perlu sebuah ruangan khusus untuk bekerja, cukup siapkan sedikit space pada ruang tamu, ruang keluarga bahkan ruang makan untuk menaruh meja kerja. Meja yang digunakan juga tidak harus beli baru. Bisa gunakan meja yang ada namun siapkan memang khusus untuk bekerja.

Kita bisa menatanya sesuai kebutuhan dan kesukaan kita. Warna pada dekorasinya disarankan sesuai dengan warna favorite kita agar dapat membangun mood saat bekerja.

Banyaknya bentuk meja kerja lengkap dengan penataannya yang dipajang pada Indonesia Properti Expo, membuat saya semakin matang dalam memilih bentuk meja kerja. Sederhana, warna kayu, dan memiliki banyak laci.


Meja Kerja Minimalis
Doc. Tokopedia

Buat Jadwal Kerja dan Tempel di Dinding

Selain memudahkan mengingat waktu, membuat jadwal kerja menjadi hiasan dinding yang menarik. Dengan menggunakan papan tempel dan kertas warna-warni yang tersusun rapi, maka akan memberi tampilan lebih segar di ruangan sempit.

IPEX menawarkan banyak pilihan apartemen. Pastinya apartemen memiliki ruangan terbatas. Maka kita harus kreatif menatanya dengan memaksimalkan fungsi ruang.

Design interion scandinavian
Doc. Bali Agung Property
Kalau dilihat dari rangkuman di atas, saya tertarik dengan konsep sederhana ala scandinavian. Namun, warna yang akan saya gunakan adalah warna-warna alam yang lebih ringan. IPEX 2019 benar-benar memberikan inspirasi bagi saya dalam memilih konsep rumah impian ke depannya. Pilihan lokasi juga penting. Apalagi saat ini banyak developer yang menawarkan dekat dengan fasilitas publik seperti stasiun MRT, mall, sekolah dan rumah sakit.

Saya merasa beruntung karena berkunjung di IPEX. Mendapat banyak pengetahuan tentang rumah sekaligus bentuk KPR yang aman. Rumah impian seakan sudah dekat di depan mata. Salah satu pengembang dalam pameran IPEX juga menawarkan rumah bersubsidi yang bisa dimiliki oleh pembeli bergaji maksimal Rp. 4.000.000,-, hanya dengan membayar Rp. 7.000.000,-. Lokasi yang ditawarkan sekitar Tangerang yang dekat dengan stasiun kereta, sehingga memudahkan pembeli beraktivitas ke Jakarta.

Indonesia Properti Expo yang dilaksanakan dari tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019 ini bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai bank yang menawarkan kemudahan proses KPR dengan bunga ringan.

Teman-teman yang ingin mengetahui kegiatan IPEX 2019 bisa follow akun Instagramnya https://www.instagram.com/indonesiapropertiexpo/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali dan Cegah Thalassemia Sedini Mungkin

Musim hujan telah tiba nih, sudah seharusnya kita meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan. Seperti biasa, musim hujan maka flu mudah menyerang. Belum nanti diare dan lain sebagainya. Konsumsi makanan bergizi seimbang, gerak badan alias olahraga, dan istirahat cukup adalah upaya pencegahan berbagai macam penyakit. Sebenarnya bukan hanya pada musim penghujan aja sih, kita harus setiap hari usaha menjaga pola hidup sehat.
Berbicara soal kesehatan tidak akan ada habisnya apalagi bicara soal penyakit. Nah, minggu lalu saya mengikuti seminar “Pengendalian Kanker dan Thalassemia” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam upaya pengendalian penyakit tidak menular khususnya kanker dan thalassemia. 
Tentang Thalassemia
Saya mau berbagi informasi tentang thalassemia dulu ya, karena bagi saya thalassemia masih asing diketahui. Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah merah yang diturunkan dari kedua orangtua kepada anak dan keturunannya. Penyakit ini disebabkan karena berkura…

IFC Gelar "La Mode" Sur La Seine a Paris Desember 2018

Paris merupakan pusat fashion dunia yang sampai sekarang masih menjadi barometer para designer-designer dunia untuk berkreasi dalam karyanya. Ketika bicara gaya apa yang sedang hits sekarang, pasti semua orang mencari referensi dari kota ini. Hal ini tidak mau dilewatkan begitu saja oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) untuk turut serta meramaikan dunia fashion di Paris.
Melalui “La Mode” Sur La Seine a Paris yang akan diselenggarakan di kota Paris, Perancis tanggal 1 Desember 2018 ini, IFC berharap fashion Indonesia makin diminati di mata internasional. Ya, Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang bisa diaplikasikan ke dalam dunia fashion. Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah diakui dunia. Tenun Indonesia juga sudah mendapat tempat di pasar internasional.
Fashion show“La Mode” Sur La Seine a Paris akan menampilkan karya 16 designer Indonesia yang mengangkat konten lokal sesuai tren global, meliputi katagori busana konvensional hingga busana muslim. Designer yang turut sert…

BPOM Ajak Pelaku Usaha Mengedukasi Masyarakat Melalui Perka No. 31 Tahun 2018

Sebagai anak kos, saya sering mengonsumsi pangan olahan yang dibeli dari supermarket karena lebih praktis. Oleh karena itu saya tidak boleh lengah untuk tidak membaca label pada kemasannya, kapan tanggal kadaluarsa, kode produksi dan informasi gizi di dalam pangan tersebut. Kebanyakkan dari kita sering lupa untuk melakukan hal tersebut. Jangan karena beli di supermarket lalu kita menganggap enteng hal itu, biar bagaimanapun kita harus menjadi konsumen cerdas sebelum membeli.
Belum lama ini BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) mengeluarkan Perka Nomor 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan yang merupakan revisi dari peraturan terkait label pangan olahan yang sebelumnya diatur dalam Lampiran IV Peraturan Badan POM Nomor 27 tahun 2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan.
Kalau boleh saya rangkum isi Perka Nomor 31 tahun 2018 adalah sebagai berikut :
Harus tercantum label halal (apabila memang pangan tersebut halal). Label halal dapat dicantumkan sepanjang telah mendapat sertifikat halal …