Langsung ke konten utama

Jangan Biarin Numpuk Sampah di Perut Saat Puasa

Jangan biarin numpuk
Doc. Andini

Saat puasa, jangan biarin numpuk sampah di perut dimana tentunya tubuh beradaptasi dengan perubahan jadwal makan dan minum kita. Beberapa masalah tubuh yang umum terjadi saat puasa adalah mual & muntah, nyeri lambung, kembung dan sulit BAB harus diatasi dan diantisipasi supaya ibadah puasa kita lancar jaya tanpa hambatan.

Sebagai anak kos, saya harus ekstra hati-hati dalam konsumsi makanan apalagi saat puasa begini. Pola makan yang kurang tepat bisa jadi masalah perut (pencernaan) datang menghampiri. Kalau sudah begitu, membuat seharian tidak nyaman menjalani puasa. 

Salah konsumsi makanan misalkan terlalu pedas, terlalu berminyak dan kurang makan sayur buah akan menimbulkan susah BAB selama berhari-hari bahkan sembelit. Kalau hari biasa lancar tapi bisa jadi waktu puasa jadi tidak lancar karena kencenderungan malas konsumsi buah dan sayur saat buka atau sayur. Saya pun pernah mengalami susah BAB saat berpuasa dan saya ada beberapa solusi untuk mengatasinya.

Konsumsi Sayur dan Buah 

Dengan mengonsumsi sayur dan buah saat buka puasa maupun sahur akan membantu memperlancar BAB. Kalau saya biasanya buka puasa minum jus dan makan semangkuk sayur bening. Lalu pada saat sahur makan sebuah apel atau bisa juga minum jus lagi.

Buah dan Sayur
Doc. Tribunnews

Air Putih

Pada saat buka puasa godaan minum yang manis-manis selalu ada di depan mata. Eitss jangan sampai lupa dengan yang namanya air putih ya. Minimal 8 gelas sehari harus tetap dilakukan. Banyak yang menyarankan jumlah takarannya 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas setelah shalat tarawih sampai sebelum tidur dan 2 gelas pada saat sahur. Kalau saya mewajibkan minimal 2 liter air putih pada saat berpuasa. Nakarnya tidak menggunakan gelas tapi botol minum berisi 1 liter tinggal dikalikan 2.

Air putih

Hindari Makanan Berminyak, Berlemak, dan Bersantan

Sebagai pemilik sakit lambung yang cukup lumayan, saya menghindari makanan berminyak, berlemak dan bersantan, contohnya gorengan, sambal goreng, atau rendang. Kalau lambung kambuh biasanya mempengaruhi proses BAB yang jadi susah atau sembelit. Rasanya perut penuh tapi susah untuk dikeluarkan. 

Olahraga

Sempatkan minimal 15 menit untuk gerak badan saat berpuasa sangat baik untuk tubuh agar tetap bugar. Peredaran lancar maka pencernaan pun lancar. Kalau malas berolahraga di pagi atau sore hari, olahragamu bisa dilakukan di malam hari setelah shalat tarawih. Tidak harus olahraga berat, lari-lari kecil di serambi rumah sambil menatap bintang-bintang di langit bisa menjadikan tubuhmu sehat juga pikiran lebih tenang. Cobain deh.

Olahraga
Doc. Tribunnews

Minum Obat Pencahar

Kalau masih juga mengalami susah BAB bahkan sembelit, jangan ragu untuk minum obat pencahar. Saya biasanya memilih Dulcolax yang cara kerjanya sudah bisa diprediksi yaitu 6-12 jam, jadi tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Dulcolax memiliki jenis tablet, sirup dan supositoria. Dulcolax sirup yang bisa dikonsumsi semua umur. Nah jadi sekarang saya selalu siap sedia Dulcolax di kos.

Jenis Dulcolax
Doc. Andini

Bicara soal sembelit, beberapa waktu lalu sempat sharing bersama Nycta Gina yang ternyata juga mengalami sembelit ketika hamil. Hingga kehamilan anak kedua, Nycta masih suka sembelit. Katanya juga setelah melahirkan masalah BAB masih menjadi kawannya. Nycta juga membagikan pengalamannya dalam berpuasa bersama keluarga. Makan buah, sayur dan minum air putih yang cukup menjadi kunci Nycta dan keluarga tetap bugar saat beribadah puasa.

Nycta Gina berbagi pengalaman bersama Dulcolax
Doc. Andini

Kalau sudah tidak nyaman perut, jangan biarkan numpuk di perut. Dorong dengan Dulcolax agar BAB lancar jadi perut nyaman puasa pun lancar. Semangat berpuasa, jangan lupa jaga asupan makanan agar perut nyaman.

Jangan biarin numpuk di perut
Doc. Andini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Co-Learning : Gaya Belajar Kekinian di Step Up Learning Hub

Co-learning, istilah ini kami sematkan saat menginjakkan kaki pertama kali ke Step Up yang berlokasi di Jalan Pahlawan Seribu 100C, Lt. 1, BSD, Tangerang Selatan ini. Ya, saya dan beberapa rekan blogger berkesempatan untuk silaturahmi dan mengenal lebih dekat apa sih Step Up itu?
Berbeda dengan bimbingan belajar lainnya, Step Up Learning Hub mengusung gaya kekinian dalam belajar bagi para pelajar zaman now. Tempat lesnya didesain sedemikian cantiknya mirip dengan gaya co-working bagi freelancer yang sedang menjamur sekarang ini. Harapannya, murid-murid yang belajar di sini betah dan merasa belajar di rumah.
Dengan didampingi para pengajar profesional terakreditasi, Step Up memberi solusi bagi orang tua yang galau ketika anak-anaknya lebih sibuk daripadanya dengan tugas sekolah yang semakin ke sini semakin banyak. Di era digital, tugas sekolah bukan hanya sekedar menjawab pertanyaan pada PR namun ada penelitian hingga menyusun makalah. Tugas mereka pun tidak jarang yang harus dikerjakan …

Bisnis Indonesia Financial Award 2018 Apresiasi Industri Keuangan

Bicara soal bisnis harus memiliki strategi yang kuat agar bisnisnya selalu bergerak stabil di tengah persaingan begitu ketatnya sekarang ini. 
Kalangan bisnis wajib hukumnya untuk mencari informasi perkembangan bisnis yang up to date. Harian Bisnis Indonesia masih menjadi sumber terpercaya bagi para pengusaha dan perusahaan terutama di kalangan industri keuangan yaitu perbankan, asuransi dan multifinance. 
Kepercayaan perusahaan terhadap Bisnis Indonesia  diapresiasi melalui Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2018 yang dilaksanakan tanggal 27 Agustus lalu di Hotel Raffles, Jakarta. 
Acara yang dihadiri oleh para CEO dan direksi perusahaan yang menjadi pelanggan setia Bisnis Indonesia berlangsung meriah. Penghargaan ini menjadi motivasi perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan kinerja. 

Hariyadi Sukamdani - Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika Penerbit Bisnis Indonesia menuturkan BIFA 2018 diselenggarakan untuk mengapresiasi industri keuangan yang menjalankan usahanya …

Ingin Punya Bisnis? Segera Lakukan

"Going into business without a business plan is like going on a mountain trek without a map or GPS support - you'll eventually get lost and starve." - Kevin J. Donaldson
Bisnis tanpa rencana bagaikan bepergian tanpa arah dan persiapan. Resikonya tentu tersesat dan pada akhirnya tidak sampai pada tujuan. Bisnis bagaikan roda kehidupan yang terus berputar seiring perputaran waktu yang kian hari kian cepat. Maka dari itu, kalau kita sedang menjalankan bisnis harus benar-benar terencana dan memiliki strategi kuat. 
Kamis, 20 September 2018 lalu saya berkesempatan hadir menjadi bagian Women Talk bersama Futri Zulya S.Mn, M. Bus dengan tema "How to Start Your Business" di Kemang, Jakarta Selatan. CEO PT Batin Medika Indonesia ini menuturkan perjalanan menjalankan bisnisnya setelah selesai kuliah. Dengan rencana dan strategi yang kuat, Futri berhasil menjalankan bisnisnya hingga berkembang sampai saat ini. 


Saya memang seorang freelancer sejak 5 tahun lalu, tapi saya…