Langsung ke konten utama

Modul Pintar Sisternet Untuk Perempuan Indonesia

Modul Pintar Sisternet
www.sisternet.co.id/modulpintar

Setiap tanggal 22 Desember diperingati hari Ibu sebagai wujud penghargaan terhadap perempuan dengan segala perjuangannya. Di Indonesia telah diperingati hari Ibu sejak 90 tahun silam. Hal ini menandakan bahwa Negara hadir untuk semua perempuan Indonesia.

Bertepatan dengan momen hari Ibu tahun 2018, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan modul belajar program Sisternet yang berbasis online. Modul Pintar Sisternet merupakan sarana baru bagi kaum perempuan untuk mengakses berbagai macam informasi terkait aktivitas mereka di rumah (sebagai ibu) maupun ketika berkarya di tengah masyarakat.

Presiden Direktur PT XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa perkembangan teknologi digital memberikan kesempatan yang luas kepada XL untuk berbagai informasi positif juga pengembangan diri melalui materi-materi yang tersedia di Modul Pintar Sisternet. Materi-materi tersebut dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Dra. Rosarita Niken dan Dian Siswarini
 
Modul Pintar Sisternet diapresiasi oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dra. Rosarita Niken Widiastuti, Msi sebagai program edukatif yang diselenggarakan oleh kalangan swasta bertujuan untuk membantu pemerintah menyampaikan pesan-pesan positif dan informasi yang benar. Modul Pintar Sisternet juga dapat membantu kaum perempuan yang tinggal di desa (di luar Jakarta) mendapatkan informasi positif sekaligus edukasi yang bermanfaat.

Sejak 4 tahun lalu, Sisternet aktif menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi kaum perempuan untuk meningkatkan kompetensi mereka. Tercatat sudah lebih dari 13.000 perempuan pernah mengikuti kelas-kelas program Sisternet. Selain itu, Sisternet telah bekerjasama dengan kementerian-kementerian terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Kerjasama tersebut sebagai upaya penyebaran informasi yang benar ke tengah masyarakat.

Modul Pintar Sisternet dibuat oleh para pakar di bidangnya serta komunitas masyarakat yang memiliki visi misi sama sehingga materi-materi belajar yang diakses tepat sasaran. Materi-materi tersebut antara lain berupa edukasi untuk Ibu dan anak mengenai pendidikan dan kesehatan. Tidak ketinggalan literasi digital untuk memanfaatkan sarana digital secara sehat dan bermanfaat. Dalam upaya meningkatkan kompetensi, tersedia juga materi belajar bisnis kecil seperti enterpreneurship, perencanaan keuangan bisnis kecil, dan pemanfaatan sarana digital untuk promosi dan pemasaran.

Rosarita Niken berharap Modul Pintar Sisternet dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat dalam kesehariannya. Penggunaan literasi digital secara tepat akan menjadikan solusi di tengah permasalahan sosial. Melalui internet kita bisa meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik.

Minggu lalu saya juga mengikuti salah satu kelas yang diselenggarakan oleh Sisternet yang bekerjasama dengan Komunitas Perempuan Pelestari Budaya di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta. Kelas Literasi Digital mengambil tema “Ibu Cerdas di Era Digital.” menghadirkan narasumber yang mewakilkan perempuan hebat yaitu Shahnaz Haque, Diah Kusumawardani Wijayanti (Founder Belantara Budaya Indonesia dan Ketua Perempuan Pelestari Budaya), Monika Kumalasari (Gesture&Microexpression Specialist), dan Putri Lintang (Group Head People Journey XL Axiata).

Kelas Literasi Digital - Ibu Cerdas di Era Digital
Doc : Shinta Juliana

Dengan Kelas Literasi Digital ini diharapkan para peserta yang hadir (perempuan semua) menjadi semakin melek teknologi dan dapat dengan cerdas memanfaatkan dampak positif dari perkembangan teknologi digital khususnya bagi tumbuh kembang anak secara psikologis. Para peserta juga diharapkan bersedia menyebarluaskan ilmu dari Kelas Literasi Digital ini ke sanak saudara dan kawan-kawannya.

Peserta Kelas Literasi Digital termasuk saya semakin dimudahkan dengan kehadiran Modul Pintar Sisternet yang dapat diakses melalui alamat www.sisternet.co.id/modulpintar. Masyarakat pengguna bisa mendapatkan berbagai modul belajar dengan format audio dan video. Selain itu, masyarakat juga bisa mengikuti progam edukasi yang dilakukan secara online melalui sosial media Sisternet di Facebook (Sisternet ID), Twitter (@sisternetid), Instagram @sisternetid dan Youtube (Sisternet ID Official).

Hai Perempuan, Teruslah Melangkah :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali dan Cegah Thalassemia Sedini Mungkin

Musim hujan telah tiba nih, sudah seharusnya kita meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan. Seperti biasa, musim hujan maka flu mudah menyerang. Belum nanti diare dan lain sebagainya. Konsumsi makanan bergizi seimbang, gerak badan alias olahraga, dan istirahat cukup adalah upaya pencegahan berbagai macam penyakit. Sebenarnya bukan hanya pada musim penghujan aja sih, kita harus setiap hari usaha menjaga pola hidup sehat.
Berbicara soal kesehatan tidak akan ada habisnya apalagi bicara soal penyakit. Nah, minggu lalu saya mengikuti seminar “Pengendalian Kanker dan Thalassemia” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam upaya pengendalian penyakit tidak menular khususnya kanker dan thalassemia. 
Tentang Thalassemia
Saya mau berbagi informasi tentang thalassemia dulu ya, karena bagi saya thalassemia masih asing diketahui. Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah merah yang diturunkan dari kedua orangtua kepada anak dan keturunannya. Penyakit ini disebabkan karena berkura…

BPOM Ajak Pelaku Usaha Mengedukasi Masyarakat Melalui Perka No. 31 Tahun 2018

Sebagai anak kos, saya sering mengonsumsi pangan olahan yang dibeli dari supermarket karena lebih praktis. Oleh karena itu saya tidak boleh lengah untuk tidak membaca label pada kemasannya, kapan tanggal kadaluarsa, kode produksi dan informasi gizi di dalam pangan tersebut. Kebanyakkan dari kita sering lupa untuk melakukan hal tersebut. Jangan karena beli di supermarket lalu kita menganggap enteng hal itu, biar bagaimanapun kita harus menjadi konsumen cerdas sebelum membeli.
Belum lama ini BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) mengeluarkan Perka Nomor 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan yang merupakan revisi dari peraturan terkait label pangan olahan yang sebelumnya diatur dalam Lampiran IV Peraturan Badan POM Nomor 27 tahun 2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan.
Kalau boleh saya rangkum isi Perka Nomor 31 tahun 2018 adalah sebagai berikut :
Harus tercantum label halal (apabila memang pangan tersebut halal). Label halal dapat dicantumkan sepanjang telah mendapat sertifikat halal …

IFC Gelar "La Mode" Sur La Seine a Paris Desember 2018

Paris merupakan pusat fashion dunia yang sampai sekarang masih menjadi barometer para designer-designer dunia untuk berkreasi dalam karyanya. Ketika bicara gaya apa yang sedang hits sekarang, pasti semua orang mencari referensi dari kota ini. Hal ini tidak mau dilewatkan begitu saja oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) untuk turut serta meramaikan dunia fashion di Paris.
Melalui “La Mode” Sur La Seine a Paris yang akan diselenggarakan di kota Paris, Perancis tanggal 1 Desember 2018 ini, IFC berharap fashion Indonesia makin diminati di mata internasional. Ya, Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang bisa diaplikasikan ke dalam dunia fashion. Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah diakui dunia. Tenun Indonesia juga sudah mendapat tempat di pasar internasional.
Fashion show“La Mode” Sur La Seine a Paris akan menampilkan karya 16 designer Indonesia yang mengangkat konten lokal sesuai tren global, meliputi katagori busana konvensional hingga busana muslim. Designer yang turut sert…