Langsung ke konten utama

INHALEC 2017 : Ruang Gaya Hidup Halal

Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo&Conference
(INHALEC 2017)
(dok. inhalec.co)

Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo&Conference (INHALEC) telah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. Perhelatan halal expo terbesar di Indonesia merupakan bentuk kepedulian atas kurangnya informasi mengenai industri halal di Indonesia. Padahal Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. INHALEC mencoba mengisi kesenjangan di bidang pengembangan bisnis halal dengan menampilkan expo showcase produk halal konferensi untuk membahas tren global dan kesempatan bisnis di Industri halal hingga menampilkan seni dan budaya religi yang dikemas dalam nuansa musik etnik dan modern.

“Dengan acara ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang tercatat “eksis” jadi penyelenggara Halal Expo dan Conference dan masuk agenda global untuk bulan Oktober.” jelas Sapta Nirwandar, Chairman Indonesia Halal Lifestyle Center.

Press Conference INHALEC 2017
(dok. Andini Harsono)


Di Negara-negara lain, event halal festival sudah menjadi agenda tahunan bahkan setengah tahunan. Seperti Malaysia memiliki HalalFest dan Mihas. Maka dari itu, Sapta Nirwandar berharap INHALEC menjadi event halal rutin yang Indonesia miliki.

Ada 10 sektor halal yang menjadi bagian gaya hidup akan hadir pada INHALEC yaitu, makanan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan rekreasional, layanan kesehatan serta seni dan budaya.

Sebagai penduduk muslim terbesar, peluang untuk menekuni dunia bisnis pada halal lifestyle masih terbuka lebar. Contohnya, fashion muslim. Kosmetika bagi kaum hawa adalah wajib dikenakan, maka kesempatan halal industri di bidang kosmetik juga merupakan sesuatu yang menjanjikan.

Saya tentunya wajib menjalankan kehidupan sehari-hari dengan gaya hidup halal. Harus selalu up to date tentang perkembangan halal di dunia agar tidak ketinggalan zaman hehe.

INHALEC 2017 akan berlangsung pada tanggal 19-21 Oktober 2017 di Balai Kartini, Jakarta. Akan ada 5 sub acara yaitu :

Conference yang membahas tentang “Halal Industry, Cultural and Technology.” dengan menghadirkan pembicara tokoh-tokoh dunia seperti, Dr. Ahmad Al-Dubayan (Director General of the Islamic Cultural Center in London), Prof. Dr. Winai Dahlan (Founder and Director of the Halal Science Center of Thailand), Dr. Kim Jin Woo (Director of International Business Affairs of KIHI-Korea) dan banyak lagi. Tentunya tokoh-tokoh inspiratif dari negeri sendiri juga hadir yaitu, Hermawan Kartajaya (CEO and Founder Markplus,Inc), Nurhayati Subakat (Founder of Wardah Cosmetics), Elidawati (Founder of El-Corp), dan lainnya (bisa dilihat pada banner di bawah ini).

Pembicara pada Conference INHALEC 2017
(dok, inhalec.co)


Untuk dapat mengikuti seminar ini, teman-teman bisa langsung daftar dengan menghubungi Meidya (meidya.inhalec@gmail.com) atau kepoin di websitenya www.inhalec.co

Konser Musik Spiritual Etnik oleh Dwiki Dharmawan and friend. Dwiki Dharmawan akan menampilkan lagu-lagu religi yang sebagian sudah dikenal di khalayak ramai namun dikemas dalam alunan musik kolaborasi modern dan etnik. Konser ini akan berlangsung pada tanggal 19 Oktober 2017, pukul 19.00 WIB di Nusa Indah Teater, Balai Kartini, Jakarta.

Pemutaran dan diskusi film “Iqro”. Dibintangi oleh pemain senior seperti Mike Lucock, Neno Warisman, Adhitya Putri, dan Cok Simbara yang menceritakan kehidupan anak zaman sekarang yang pintar terhadap teknologi namun tidak bisa membaca Al-Quran. Sementara diskusi film akan menghadirkan narasumber yang sudah mumpuni di industri film seperti Christine Hakim (Aktris), Budiyati Abyoga (Producer), HB Haveen (Produser), dan Larry Wijaya (Cerita Kota).

Fashion Show Busana Muslim. Karya-karya desainer berbakat Indonesia akan mengisi panggung peragaan busana muslim di INHALEC. Koleksi Dian Pelangi, El Zatta-Dauky, Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI), Risty Tagor, dan masih banyak lagi.

INHALEC Halal Expo. Akan ada 151 peserta (booth) dari dalam maupun luar negeri yang berpartisipasi dalam INHALEC 2017 ini dengan memamerkan show case produk-produk industri halal yang berlangsung selama 3 (tiga) hari yaitu 19-21 Oktober 2017. Dan untuk menghadiri expo ini, pengunjung bebas biaya masuk. Seru kaann..

Melalui INHALEC, diharapkan dapat memberi inspirasi kepada muslimah Indonesia dalam menjalankan gaya hidup halalnya. Ajang ini juga dapat dijadikan silaturahmi sesama muslim. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senja Bercerita Tentang

Senja kuakhiri dengan ucapan syukur karena ALLAH begitu banyak memberikan kenikmatan untukku.
Kulangkahkan kaki menyusuri jalanan basah setelah diguyur hujan, dan kusempat menghentikan langkah ketika melihat sebuah papan iklan berfotokan seorang laki-laki. Sepertinya aku mengenal laki-laki itu.
Sepersekian detik aku coba mengingatnya, dan ternyata itu kamu, teman baikku sejak 5 tahun lalu. Namun, kami putus komunikasi setelah aku memilih laki-laki lain menjadi kekasihku kala itu.
Terasa janggal memang, seketika dia berubah sikapnya saat aku berpacaran dengan Adi. Apa salahnya? Hingga detik ini pun aku tidak tahu alasan Reno menjauhiku bahkan terlihat membenciku. 5 tahun berlalu, sekarang dia sudah menjadi seorang aktor layar lebar.
Sesampainya di kamar, aku segera mengisi daya ponselku. Aku segerakan pula membersihkan badanku yang tersiram panas dan hujan. Selesai semua ritualku, aku mulai merebahkan tubuh pada kekasihku, ya tempat tidur kesayanganku. Perlahan kulepaskan semua letih dan …

Pertemuan Singkat

Mengenalmu adalah kebangkitan bagiku Mengenalmu adalah semangat baru bagiku
Panas terik Ibukota membuat aku memutuskan untuk berteduh di sebuah coffee shop tersohor di bilangan Sarinah. Sejak kecil aku memang kalah dengan panas matahari yang terlampau terik. Pasti kepalaku langsung keliyengan.
Sembari membuka laptop, aku menikmati segelas es cokelat dan sepotong kue keju. Setiap mampir ke coffee shop, aku jarang memesan kopi. Ya memang aku sesungguhnya bukan coffee lovers hehe..Jadi ya nikmati minuman yang lainnya aja.
Seperti biasanya, tempat ini ramai dikunjungi orang-orang pecinta kopi plus nongkrong. Karena tempatnya strategis jadi mereka sering menjadikan tempat ini lokasi meeting, nongkrong-nongkrong atau kerja seperti aku. Jaman sudah canggih ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan dimana aja dan kapan aja.
“Eh eh sebentar lagi Reno mau datang. Katanya dia sudah dekat.” ucap perempuan A salah satu anggota rombongan sekitar 20 orang atau lebih yang memblock hampir setengah coff…

Jeda

"Sampai kapan di Bangkok?" tanyamu pada chat WhatsApp.
Tak langsung aku membalasnya karena aku sedang menemui beberapa kolegaku.
"Hari Senin minggu depan. Kenapa?" balasku 2 jam kemudian yang berujung tak dibalas lagi olehnya.
Hari berganti hari, tak kunjung kutemui balasan darinya bahkan tak juga kulihat update di Instagram Story-nya atau posting-nya pada Instagram. Padahal dia termasuk laki-laki yang aktif berbagi cerita di dunia maya. Ya, dia lebih kekinian dibandingkan aku.
Senin menjelang tengah malam aku tiba di Jakarta. Aku sapa dia kembali mengabarkan bahwa aku sudah di Jakarta tapi gak juga ada balasannya. Bahkan untuk dibaca aja gak.
Dia menghilang.. Gak biasanya dia semenghilang ini. Tapi siapalah aku. Tak mungkin telepon terus menerus, kirim pesan terus menerus. Siapalah aku?
"Hai. Aku baik-baik aja. Semua akan berlalu. Ini adalah jeda dalam hidupku. Ini akan segera berlalu." pesan singkatnya masuk pada WhatsApp-ku yang diakhiri dengan emotic…