Cara Mudah Deteksi Alergi Susu Sapi Bersama Enfa Club

Tes Alergi Susu Sapi enfaclub.com/tesalergi-sususapi/
(dok. Andini Harsono)

Memiliki anak pastinya sangat menyenangkan. Kehidupan baru sebagai orang tua pastinya lebih lengkap tantangannya tapi nikmatnya juga luar biasa. Untuk itu diperlukan kesiapan lahir dan batin menjalani kehidupan sebagai orang tua. Tidak boleh berdiam diri, harus rajin mencari tahu tentang kesehatan si anak, pendidikan si anak, tumbuh kembang anak dan lain sebagainya. Seru yaa..

Beberapa waktu lalu tepatnya di bulan puasa, saya menghadiri acara bertema parenting dan kesehatan dari Enfa Club di bilangan Kebayoran, Jakarta Selatan. Acara yang bertema “Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi.” memberi informasi baru bagi saya. Ya memang saya masih belum memiliki anak tapi melakukan persiapan dengan baik tidak ada salahnya kan? hehe

Peserta yang hadir pada acara Enfa Club
"Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi"
(dok. Andini Harsono)

Saya sudah sering mendengar curhatan dari saudara atau sahabat yang sudah memiliki anak curhat soal alergi susu sapi dan adanya gangguan pencernaan pada anaknya. Pada umumnya anak bayi (dibawah 3 tahun) akan sering mengalami 3 jenis alergi yaitu pernafasan, kulit dan pencernaan. Kebanyakan orang tua menganggap hal itu terjadi akibat makanan yang dikonsumsi tidak tepat, sehingga keburu panik dan penanganannya jadi kurang tepat.

Padahal apabila bayi mengalami masalah pencernaan itu dikarenakan sistem pencernaannya belum sempurna. Bayi belum mampu memproduksi enzim dengan sempurna sehingga makanan belum bisa diserap dengan sempurna juga. Akibatnya bayi sering mengalami berbagai gejala seperti perut kembung, sering buang gas, sakit perut, muntah, mual, dan BAB tidak lancar. Apabila bayi sudah merasa tidak nyaman pastinya akan rewel. Tantangan jadi orang tua adalah tetap tenang ketika si anak sedang tidak enak badan. Jangan panik, segera cari solusi.

DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A memberi pencerahan tentang
Alergi Pada Anak
(dok. Andini Harsono)

DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A menjelaskan tidak semua masalah pencernaan itu terjadi akibat alergi, maka dari itu sebaiknya kenali dulu gejalanya. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa bayi belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Selain itu bisa juga dikarenakan alergi protein susu sapi. Dokter Ariani menyarankan untuk mengecek terlebih dahulu makanan apa yang sudah dikonsumsi selama 3x24 jam lalu segera konsultasikan ke dokter anak agar bisa diketahui penyebab yang sebenarnya.
Dokter Ariani juga memberikan tips untuk dilakukan orang tua jika anak mengalami masalah pencernaan ketika berada di rumah, antara lain :

  • Mandikan menggunakan air hangat
  • Pada bagian perutnya kompres menggunakan air hangat
  • Berikan pijatan LOVE dengan lembut menggunakan minyak telon
  • Berikan Asefetida yang biasa dicampur dengan air kemudian dibalurkan ke perut agar tidak kembung
  • Pijat pada kaki seperti sedang mengayuh sepeda
  • Gendong dan tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut agar dapat bersendawa


Tentunya semua itu dilakukan dengan penuh cinta kasih yaa. Pasti si kecil nyaman dan tenang.

Selanjutnya, M. Nuh Nasution tim ahli Enfa+ menjelaskan tentang cara deteksi alergi susu sapi pada anak. Untuk memudahkan para orang tua mendeteksi dini alergi susu sapi cukup melakukan Tes Alergi Susu Sapi sederhana pada website www.enfaclub.com. Anda harus menjawab beberapa pertanyaan yang nantinya akan menentukan hasil akhir dan menjelaskan bahwa anak mengalami alergi susu sapi atau tidak.

Ini hasil tes sepupuku Dhipa - 17 bulan
(dok. Andini Harsono)

Semua peserta Enfa Club yang hadir diminta untuk mencoba mendeteksi dini alergi susu sapi dan saya mencoba mendeteksi adik sepupu yang berusia 17 bulan. Karena sering menemani sehari-harinya sehingga kurang lebih saya tahu apa yang dia makan dan dia alami. Dan inilah hasilnya, dia tidak alergi protein susu sapi. Alhamdulillah.

Setelah mengetahui bahwa pencernaan belum matang sempurna, tidak perlu terburu-buru untuk tidak memberikan anak susu formula. Enfagrow A+ Gentle Care bisa menjadi solusi untuk anak 1-3 tahun. Susu dengan formula PHP (Partially Hydrolyzed Protein) ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi masalah pencernaan yang peka. Formulanya mudah dicerna dengan protein halus dan mengandung nutrisi penting yang mendukung aktivitas dan proses belajarnya.

Enfagrow A+ Gentle Care
(dok. Andini Harsono)

Pada bagian akhir acara, para blogger diingatkan tentang membuat artikel SEO Friendly oleh Parjono Sudiono, Group Head Digital Zenit Optimedia. SEO merupakan optimisasi yang dilakukan sehingga website kita mendapat tempat teratas dalam pencarian secara organik.

Parjono Sudiono, Group Head Digital Zenit Optimedia
(dok. Andini Harsono)

Ada 4 hal yang harus diperhatikan untuk menjaga SEO tersebut yaitu :

Index : Membantu memberikan tepat kepada mesin pencari
Content : Membuat pembaca blog kita mendapatkan konten menarik dan relevan
Authority : Menjadikan blog kita terpercaya
Experience : Engagement yang tinggi serta interaksi terhadap pembaca

Selain itu, beliau juga mengingatkan cara optimisasi pada konten yaitu :
Original, unik dan informatif 
Masukan kata kunci utama dalam 100 kata terakhir, paragraph tengah, dan di akhir artikel
Minimum kata pada artikel yaitu 350 kata, tapi disarankan 1000 kata lebih
Persentase penulisan kata kunci dalam artikel 1-3%
Gunakan H1, H2, H3 – kata kunci dalam H1 Tag
Gunakan Bold, Italic, dan UnderlineGunakan multimedia, foto, video, infografis mampu memberikan interaksi lebih baik bagi pembaca
Internal link harus digunakan
External link dari website-website besar seperti news website dan lain-lain
Gunakan social sharing button
Acara ini sungguh bermanfaat bagi saya dan semua yang hadir. Semakin semangat mempersiapkan diri menjadi orang tua. Semakin semangat ngeblog juga. Karena dengan menulis, kita bisa berbagi informasi, pengalaman dan juga cerita. Semoga ringkasan tentang “Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi” ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
 
Enfagrow A+ Gentle Care yang saya bawa pulang untuk Dhipa minum
(dok. Andini Harsono)


Komentar

  1. Enfaclub ngebantu banget ya mbak. Aku yg emak2 kerja di luar rumah merasa terbantu, jadi gak gampang panikan kalau si kecil ngalamin ketidaknyamanan pencernaan.

    BalasHapus
  2. asyik ya. cuma pake hape bisa cek apakah anak alergi susu sapi atau tidak. sambil jaga anak di rumah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com