Langsung ke konten utama

Belajar Bijak Menjadi Pengendara Bersama Queenrides

Andini Harsono dan peserta tour bengkel Auto 2000 Krida Cilandak-Jakarta Selatan
(dok. Andini Harsono)
Menjadi pengendara di jalan raya entah motor entah mobil selalu mengalami banyak hal. Faktor yang paling berpengaruh adalah emosi. Jakarta yang sangat padat ketika jam berangkat dan pulang kantor mengundang emosi para pengendara di jalan raya. Untuk itu, perlu dipahami kembali tentang etika dan peraturan dalam berkendara. Tanpa adanya etika ketika berkendara, tentunya akan memancing banyak masalah. Contohnya membuang sampah sembarangan, meludah, membunyikan klakson berlebihan, dan lain sebagainya. Lalu tentang peraturan, jelas sudah diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Sudahkah kita membacanya dengan cermat?


Saya memang tidak menyetir mobil maupun motor sendiri, tapi saya selalu berada di tengah balada kemacetan Ibukota setiap harinya. Sebagai pengguna jasa ojek online, sering sekali merasa sebal ketika kaki tersenggol motor lain yang mencoba menyalip motor kami atau justru abang ojek yang mengantar saya berbuat yang melanggar aturan, misalnya berhenti pada zebra cross. Bahkan saya sering bilang bahwa saya sedang tidak buru-buru sehingga bawa motornya tidak perlu berlebihan. Tapi lagi-lagi ini tergantung dari driver itu sendiri.

Suasana Ruang Tunggu di Auto 2000 Krida, Cilandak
(dok. Andini Harsono)


Ketika berada di jalan raya, toleransi dan mengendalikan sifat egois sangat dibutuhkan. Apalagi di kota-kota besar macam Jakarta ini, kalau si pengendara tidak sabaran, ya sudah kelar deh hidup. Di antara itu yang lebih penting adalah taati peraturan lalu lintas. Bawa surat-surat kendaraan yang lengkap dan jangan lupa SIM. Membuat SIM juga jangan asal tembak yaa, harus jujur. Untuk mempermudah ujian SIM, kini Queenrides sudah menyediakan Test SIM online pada aplikasi websitenya. Ini mempermudah Anda yang ingin membuat SIM. Hayoo dapat nilai berapa? :D

Sebagai perempuan tentunya banyak tantangan yang dihadapi sehari-hari. Apalagi sebagai pengendara perempuan. Harus tangguh. Kalau Anda adalah seorang pengendara, hal terpenting yaitu kenali dengan baik kendaraanmu. Jangan cuma pacar atau suami yang dikenali dengan baik hehe. Semakin Anda memahami kendaraan yang sangat setia mengantarkan Anda beraktivitas, semakin Anda bisa menangani apabila kendaraan Anda mengalami masalah.

Nursal Ramadhan, Sekjen RSA
(dok. Andini Harsono)

Indah Juliana, Toyota Auto 2000
(dok. Andini Harsono)


Queenrides mengadakan acara sharing sangat bermanfaat bagi pengendara perempuan khususnya. Nursal Ramadhan, Sekjen Road Safety Association mengingatkan kita untuk berkendara dengan baik dan benar. Baik berarti sesuai dengan etika dan benar sesuai dengan peraturan. Nursal juga mengingatkan bahwa kita harus lebih waspada terhadap segala bentuk kejahatan di jalan raya. Apalagi pengendara perempuan sering menjadi sasaran empuk si panjang tangan. Tingkatkan pengaman mobil atau motor, jangan berkendara di tempat sepi sendirian, jangan lupa periksa mobil/motor sebelum bepergian apalagi dalam jarak jauh, dan simpanlah nomor telepon darurat pada ponsel Anda.

Sesi selanjutnya, ada perwakilan dari Toyota Auto 2000, Indah Juliana yang selalu mengingatkan hal-hal sepele sebelum berkendara. Perhatikan indikator pada mobil sebelum digunakan, mobil/motor harus dipanaskan sebelum digunakan (lama memanaskannya cukup 5 menit kalau kendaraan tersebut sering digunakan, dan minimal 15 menit untuk kendaraan yang jarang digunakan), dan simpanlah nomor bengkel. Kenapa kendaraan harus dipanaskan sebelum digunakan? Alasannya agar lebih menghemat bahan bakar dan mesin akan bekerja lebih optimal. Kemudian hal yang sering terjadi adalah ketika di starter agak sulit. Harus lebih dari sekali putar baru nyala. Apabila hal ini terjadi pada kendaraan Anda, jangan ragu untuk segera membawanya ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Tour Bengkel Auto 2000 Krida Cilandak
(dok. Andini Harsono)

Tour Bengkel Auto 2000 Krida Cilandak
(dok. Andini Harsono)

Tour Bengkel Auto 2000 Krida Cilandak
(dok. Andini Harsono)


Saya dan peserta lainnya diajak untuk tour bengkel Auto 2000 Krida Cilandak, Jakarta Selatan. Sebelumnya saya sudah pernah visit ke pabrik Toyota di Karawang. Merk Toyota sendiri sudah mendarah daging bagi saya. Kenapa, karena hampir seluruh keluarga saya menggunakan kendaraan Toyota. Mobil keluarga yang sedang digunakan sekarang adalah Toyota New Avanza 2016. Mobil ini sangat nyaman digunakan dan hemat bahan bakar. Sesuai dengan fungsinya yaitu mobil keluarga, jadi bisa angkut sekeluarga kalau bepergian.

Sariayu Make Up Kit Gili Lombok
(dok. Andini Harsono)

Taraaa setelah di make over by Sariayu
(dok., Andini Harsono)

Asyik dapat hadiah dari Queenrides
(dok. Andini Harsono)


Fashion Advisor Queenrides
(dok. Andini Harsono)


Acara Queenrides Goes to Auto 2000 Get To Know Your Car ini sangat bermanfaat. Acara ini juga diisi dengan Fashion Advisor Queenrides tentang cara berpakaian yang aman saat berkendara, Yoga bersama Astrid Amalia dan beauty class dengan Sariayu. Seruuu... Lalu saya dihadiahi sebagai pemenang nge-twitt terbanyak di acara ini. Senangnya dapat berbagi cerita tentang apa yang saya dapatkan ketika acara berlangsung kepada semua pembaca twitter saya.

Mobil baru yess :D Toyota Sienta
(dok. Andini Harsono)


Keluarga Queenrides
(dok. admin Queenrides)


Satu kalimat saya ingat dari Pak Nursal Ramadhan adalah kalau tidak bisa bermanfaat bagi orang lain setidaknya kita tidak merugikan mereka. Setuju Pak


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cegah Obesitas Dengan Pola Hidup Sehat

"Setengah dari porsi makanmu harus komposisi buah dan sayur." kata dr. Lily Sulistyowati, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI yang selalu terngiang dalam telinga saya. Sejak itulah saya selalu berusaha menjalankannya setiap hari. Minimal konsumsi buah dan sayur menjadi menu wajib makan siang saya. Meskipun masih jauh dari ideal, namun saya berusaha mengubah pola hidup saya diawali dengan mengubah makanan yang saya makan.
Saya terlahir dari keluarga "besar" artinya gemuk-gemuk. Keluarga saya juga kompakan mengidap diabetes dan darah tinggi. Maka dari itu saya beresiko terkena penyakit tersebut. Salah satu penyebabnya karena berat badan yang berlebih akibat makan yang mungkin tidak terkontrol. Ditambah jarang berolahraga atau memang bawaan. Entahlah, yang jelas saya ingin mengubah pola hidup saya menjadi lebih sehat karena saya ingin menikmati hidup hingga 1000 tahun lamanya (maap lebay dikit hehe)
World Obesity Day p…

Membuka Jalan Rezeki Dengan Syukur

Belajarlah untuk percaya kepada-Ku. Rencana-Ku padamu lebih baik daripada rencanamu sendiri. Yakinlah bahwa Aku selalu baik. Yakinlah segala usahamu pasti sukses. Belajarlah untuk selalu bersyukur atas apa pun yang terjadi, Karena semua akan indah pada waktunya. (Aplikasi Pencari Rezeki – hal. 153)
Yap, saya sepakat dengan quote di atas yang saya kutip dari buku berjudul Aplikasi Pencari Rezeki karya Wusda Hetsa dan Achi TM yang baru selesai saya baca. Ketika seseorang yakin terhadap Allah SWT, maka semua urusan di dunia ini akan terasa ringan. Cobaan demi cobaan akan dilalui dengan suka cita karena Allah menjanjikan akan ada 2 kemudahan dibalik 1 kesulitan, dan saya sudah sering membuktikan hal itu.
Namun, kadar keyakinan (keimanan dalam Islam) bisa naik turun. Saya pun mengalaminya. Sebagai manusia biasa, tentunya saya pernah merasa apa yang diberikan Allah tidak sesuai dengan keinginan saya. Sedangkan saya lupa bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk umat-Nya, termasuk saya.
Buku…

Senja Bercerita Tentang

Senja kuakhiri dengan ucapan syukur karena ALLAH begitu banyak memberikan kenikmatan untukku.
Kulangkahkan kaki menyusuri jalanan basah setelah diguyur hujan, dan kusempat menghentikan langkah ketika melihat sebuah papan iklan berfotokan seorang laki-laki. Sepertinya aku mengenal laki-laki itu.
Sepersekian detik aku coba mengingatnya, dan ternyata itu kamu, teman baikku sejak 5 tahun lalu. Namun, kami putus komunikasi setelah aku memilih laki-laki lain menjadi kekasihku kala itu.
Terasa janggal memang, seketika dia berubah sikapnya saat aku berpacaran dengan Adi. Apa salahnya? Hingga detik ini pun aku tidak tahu alasan Reno menjauhiku bahkan terlihat membenciku. 5 tahun berlalu, sekarang dia sudah menjadi seorang aktor layar lebar.
Sesampainya di kamar, aku segera mengisi daya ponselku. Aku segerakan pula membersihkan badanku yang tersiram panas dan hujan. Selesai semua ritualku, aku mulai merebahkan tubuh pada kekasihku, ya tempat tidur kesayanganku. Perlahan kulepaskan semua letih dan …