Katakan Tidak Pada Diabetes



Diabetes, satu kata yang paling saya benci. Kenapa? Karena saya berada pada lingkar keturunan penyakit ini. Eyang Putri dan Mama saya kena diabetes kering dimana apabila terjadi luka tidak sampai pendarahan banyak. Diabetes ini juga mengundang penyakit lainnya seperti jantung, darah tinggi, stroke, dan hati. Eyang Putri dan Mama saya terkena darah tinggi dan meninggal didiagnosa serangan jantung dan jantung koroner. Maka dari itu, saya sebagai keturunannya tidak mau mewarisi warisan yang tidak mengenakan ini. Sejak Mama saya dinyatakan diabetes, saya mengerem makan dan berusaha untuk menjalani hidup sehat. 

Berdasarkan data WHO tahun 2014, 90% orang dengan diabetes di seluruh dunia adalah penyandang diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan dengan gaya hidup yang tidak sehat dan sebenarnya 80% bisa dicegah. Diabetes saat ini sudah menjadi penyakit pembunuh nomor 3 di Indonesia berdasarkan data Sample Registration Survey 2014 dan data International Diabetes Federation (IDF) jumlah estimasi penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan 10 juta dengan menduduki urutan ke-7 tertinggi setelah China, India, Amerika, Brazil, Rusia dan Meksiko.

Untuk itu sebaiknya lakukan tes gula darah secara rutin/berkala agar dapat mengetahui apakah Anda terkena diabetes atau tidak. Beberapa tes bisa dilakukan untuk memperkirakan tingkat gula darah. GDS (Gula Darah Sewaktu) adalah tes darah dapat dilakukan setiap saat sepanjang hari untuk memeriksa tingkat gula darah pada titik waktu saat itu. Jika nilai GDS adalah lebih dari 200mg/dL (11,1mmol/L) darah ini mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki diabetes. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengecek kembali. GDP (Gula Darah Puasa) adalah menguji jumlah gula dalam aliran darah setelah seseorang tidak makan selama 8-10 jam (semalam puasa). Hal ini dilakukan sebelum sarapan. Nilai GDP lebih dari 126mg/dL (7.0mmol/L) mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki diabetes. Hemoglobin glikat (HbA1C) tes ini mengukur seberapa baik gula darah telah dikontrol selama 3 bulan terakhir. Jika menunjukkan HbA1C lebih dari 6,5% (47,0 mmol/mol) ini mengindikasikan diabetes. Tes lainnya adalah TTGO (Tes Toleransi Glukosa Oral) yaitu tingkat gula darah diperiksa pada saat puasa dan kemudian 2 jam setelah minum sejumlah glukosa. Ini menunjukkan bagaimana tubuh memproses glukosa. Jika nilai 2 jam lebih dari 200mg/dL (11,1 mmol/L) itu mengindikasi adanya diabetes.

Dalam memperingati Hari Kesehatan Dunia (HKS) 2016, Kementerian Kesehatan mengangkat tema "Diabetes" dengan sub tema di tingkat nasional adalah "Cegah, Obati, Lawan Diabetes." Diabetes dapat dicegah dan dilawan dengan melakukan beberapa faktor di bawah ini :
  • Mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, konsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari, kurangi penggunaan garam, gula dan lemak serta hindari makanan olahan/kemasan yang mengandung banyak gula dan garam.
  • Olahraga secara baik, benar, teratur dan beraktifitas fisik setiap hari.
  • Lakukan pemeriksaan gula darah secara berkala dan perhatikan berat badan.
  • Bagi yang sudah terkena diabetes, ikuti saran medis dengan minum obat secara teratur, menjaga pola makan, beraktifitas fisik dan meningkatkan kemandirian.


Ada tips dari dr. Lily, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI adalah dengan melakukan CERDIK yaitu 
  1. C : Cek kesehatan secara berkala
  2. E : Enyahkan asap rokok
  3. R : Rajin olahraga
  4. D : Diet seimbang
  5. I : Istirahat cukup
  6. K : Kelola Stress
Pengalaman saya menjadi pendamping pasien diabetes adalah pola makan yang harus benar-benar dijaga dan mengelola stress. Biasanya orang tua (Seseorang berusia lebih dari 40 tahun) selalu memiliki keinginan terpendam atau beban terpendam terhadap keluarga alias masalah keluarga. Karena saya dari keluarga Jawa dimana hampir semua masakan yang dibuat itu manis-manis, saya satu-satunya anggota keluarga yang tidak suka manis. Saat ini saya sedang mendisiplinkan diri sendiri untuk teratur makan buah dan sayur. 50% porsi makan kita harus terdiri dari buah dan sayur. Kurangi nasi bisa menjadi salah satu cara mengurangi gula yang kita konsumsi. Aktifitas fisik dengan senang berjalan kaki berapapun jauhnya menjadi pilihan saya apabila tidak bisa berolahraga seperti biasa. Berusaha untuk hidup dengan legowo dan istirahat yang cukup juga sedang saya kelola.

Diabetes dapat dicegah, dapat diobati dan dapat kita lawan dengan menjalani pola hidup sehat. Bukan hanya diabetes saja yang harus kita cegah dan lawan, tapi semua penyakit yang ada harus kita cegah. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? 

Jangan sungkan untuk datang memeriksakan kesehatan diri sendiri. Pemerintah sudah memberikan fasilitas kesehatan lengkap dan sangat mudah. Mari kita dukung bersama untuk menuju Indonesia yang sehat.


Sumber dan data :
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
#LawanDiabetes #HKS2016

Komentar

  1. Ooo..ok..cerdik.. Cek kesehatan berkala, enyahkan rokok, rajin olahraga, diet seimbang,istirahat cukup dan kelola stress.. Sepakat...trims infonya mba

    BalasHapus
  2. Mencegah lebih baik daripada mengobati.
    Segera periksakan sejak dini ya, jangan tunggu sampai parah dulu ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak betul Mba Okti Li. Jangan tunggu sampai parah :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Follow Me

Instagram : @andini_harsono Facebook : www.facebook.com/andiniharsono Twitter : @andiniharsono Blog lainnya : www.mainjalan.com Email : andiniharsono@gmail.com